Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Dengan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Srengat
Implementation Of Game Technical Group Guidance Technique With Snakes And Ladder Media To Improve Students' Learning Motivation At SMAN 1 Srengat
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 SRENGAT
Nama : WISMA DWIANA ANOGRAH
NIM : 19010014072
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Tahun : 2023
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag., M.Pd.
Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan atau menegrakkan peserta didik untuk melakukan ativitas belajar. Penelitian ini dilakukan dngan latar belaang masalah yang menunjukkan terdapat 5 peserta didik di SMAN 1 Srengat dengan kategoi motivasi belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan bimbingan kelompok teknik permainan dengan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Srengat tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic non parametric yaitu uji wilcoxson. Dan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket motivasi belajar untuk mengukur tingkat motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Srengat.
Dari hasil penelitian terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik terdapat 6 peserta didik yang menjadi subjek penelitian dengan hasil rata-rata pretes 3.00 dan dilanjutkan pemberian perlakuan layanan bimbingan kelompok teknik permainan dengan media ular tangga dan didapatkan hasil rata-rata posttest 72.00dan dilanjutkan dengan tahap pengujian mellui SPSS 25 dengan hipotesis uji wilcoxson dan mendapatkan data pada tabel test statistics menunjukkan hasil 0.042 dan lebih kecil dari 0,05 (0.042 < 0,05) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang berarti penerapan bimbingan kelompok teknik permaianan dengan media ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Srengat.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Teknik Permainan, Bimbingan Kelompok
IMPLEMENTATION OF GAME TECHNICAL GROUP GUIDANCE SERVICES WITH SNAKES AND LADDER MEDIA TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING MOTIVATION AT SMAN 1 SRENGAT
Name : WISMA DWIANA ANOGRAH
Study Program : Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of Science Education
Name of Institution : State University of Surabaya
Year : 2023
Motivation to learn is an encouragement or encourage students to carry out learning activities. This research was conducted with a problem background which showed that there were 5 students at SMAN 1 Srengat with low learning motivation categories. This study aims to apply group guidance game techniques with snakes and ladders media to increase the learning motivation of students at SMAN 1 Srengat.
The research method used in this study was quantitative with a pre-experimental type of research with a one group pretest-posttest design, for data analysis in this study using non-parametric statistics, namely the Wilcoxson test. And data collection in this study used a learning motivation questionnaire instrument to measure the level of learning motivation of students at SMAN 1 Srengat.
From the results of research on the level of student learning motivation, there were 6 students who became research subjects with an average pretest result of 56.00 and continued with the treatment of group guidance services using game techniques with snakes and ladders media and obtained an average posttest result of 72.00 and continued with the testing phase through SPSS 25 with the Wilcoxson hypothesis test and obtaining data in the test statistics table showing results of 0.000 and less than 0.05 (.000 <0.05) it can be concluded that which means the application of game technique group guidance with snakes and ladders media can increase the learning motivation of class XI students of SMAN 1 Srengat.
Keywords: Learning motivation, Game Techniques, Group Guidance