Tokoh Sakera menjadi ikon perjuangan bagi suku Madura di Pasuruan namun sosok dan sejarahnya belum banyak diketahui oleh masyarakat, bahkan di daerahnya sendiri, membuat penulis mengangkat cerita dan nilai luhur tokoh ini ke dalam format yang lebih segar untuk disajikan lewat media web-comic dan diharapkan menjadi media yang menarik, mudah dipahami dan praktis. Tujuan perancangan ini untuk mendeskripsikan nilai luhur perjuangan Sakera pada abad ke 19 melalui tokoh fiksi, yaitu Hasan yang merupakan cucu Sakera.
Perancangan media web-comic ini menggunakan metode pengumpulan data yang didapat dari observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Konsep desain yang meliputi komposisi visual karakter, latar, layout, tipografi, pewarnaan, dan menggunakan gaya gambar yang mengarah ke kartun agar lebih menarik. Keseluruhan proses visualisasi menggunakan proses digital dengan menggunakan software Paintool SAI, sementara pada proses finishing menggunakan software Adobe Photoshop CC 2014 untuk memberikan teks, detail, dan efek visual yang diperlukan. Komik ini disajikan dalam format memanjang kebawah dengan cara baca menggulir layar (scrolling) pada platform Webtoon.
Hasil perancangan terlebih dahulu melalui tahap validasi untuk menilai kelayakan media web-comic terkait desain dan materi sebelum dipublikasikan. Dalam promosi komik ini, media pendukung yang dipilih yaitu, poster, x-banner, merchandise seperti stiker, kaos, dan softcase handphone. Komik Spirit of Sakera dapat dijadikan media pengenalan tokoh Sakera secara ringkas dan mempelajari nilai-nilai ksatrianya.
Sakera figures become anuicons of warrior for the Madurese in Pasuruan but their figures and history are not widely known by public, even in their own regions, making writers raise the story and noble values of these figures into a fresh format to be presented through web-comic mediauand are expected to become an interesting media, easy to understand and practical. The purpose of this design is to describe theinoble value of the battle of Sakera in the 19th century through a fictional character, namely Hasan, who is Sakera's grandson.
This web-comic media design usesidata collection methods obtained from observations, interviews, and documentation. Design concepts that include the visualicomposition of characters, settings, layouts, typography, coloring, and the use of drawing styles that tend to cartoons to make it more interested. Theientire visualization process uses a digital process using the Paintool SAI software, and the finishing process uses the Adobe Photoshop CC 2014 software to input the text, details, and visual effects. This comic is presented in a format extending downward byureading scrolling the screen on the Webtoon platform.
The results of the designigo through the validation stage first to assess the feasibility of web-comicumedia related to design and material before being published. In the promotion of this comic, the selected supporting media areiposters, x-banners, merchandise such as stickers, t-shirts, and handphone softcases. Spirit of Sakera comics can be used as a mediaito briefly identify Sakera and learn the values of his knights.