PENGARUH KEMAMPUAN PEMASARAN DIGITAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN
(Studi pada UMKM makanan dan minuman di Kota Surabaya)
THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING CAPABILITY AND PRODUCT INNOVATION ON MARKETING PERFORMANCE (STUDY ON FOOD AND BEVERAGE MSMEs IN SURABAYA)
UMKM menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB Republik Indonesia yaitu sebesar 60,5%. Jumlah UMKM setiap tahunnya selalu meningkat. Namun, besarnya kontribusi dan kenaikan jumlah UMKM tersebut tidak sejalan dengan adanya data yang menyebutkan bahwa UMKM mengalami penurunan penjualan pada 2020 lalu sebesar 94,69%, dimana penurunan terbesar dialami oleh UMKM yang menjalankan usaha secara offline. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemampuan pemasaran digital dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang disebarkan kepada 131 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS 25. Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kemampuan pemasaran digital dan inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM makanan dan minuman di Kota Surabaya.
Kata Kunci : Inovasi produk, kemampuan pemasaran digital, kinerja pemasaran , UMKM makanan minuman Kota Surabaya.
Abstract.
MSMEs are one of the sectors that make the largest contribution to the GDP of the Republic of Indonesia, which is 60.5%. The number of SMEs every year is always increasing. However, the magnitude of the contribution and the increase in the number of MSMEs is not in line with the data which states that MSMEs experienced a decline in sales in 2020 of 94.69%, where the biggest decline was experienced by MSMEs that run their business offline. Based on this phenomenon, this study aims to determine the effect of digital marketing capabilities and product innovation on marketing performance in MSMEs. This research is a quantitative research with a questionnaire as a research instrument which was distributed to 131 respondents using a purposive sampling technique. Data processing in this study used multiple linear regression analysis which was processed with SPSS 25. From the results of the research conducted, it shows that digital marketing capabilities and product innovation have a positive and significant influence on marketing performance in food and beverage MSMEs in the city of Surabaya.
Keywords: Marketing performance, digital marketing capabilities, product innovation, Surabaya food & beverage MSME.