Sebagai kemampuan paling mendasar dalam Bahasa Inggris, berbicara mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran bahasa. Akhir-akhir ini, guru dapat menggunakan media sosial sebagai perkembangan teknologi menjadi sebuah metode baru dalam praktik berbicara. Instagram merupakan media sosial yang tepat untuk diterapkan dalam praktik berbicara dengan tujuan untuk memberikan stimulus kepada siswa agar mengunggah dan membagikan foto atau video menarik mengenai kegiatan pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari Instagram terhadap kemampuan berbicara siswa kelas XI. Desain penelitian ini adalah quantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Greisk, sedangkan sampelnya adalah 38 siswa XI SIG 2 sebagai grup eksperimen, dan 37 siswa dari XI SIG 1 sebagai grup kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes, dan rubrik penilaian kemampuan berbicara. Data diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Kemudian, data dianalisis menggunakan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui nilai signifikannya, karena data nilai tidak berdistribusi secara normal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pada output dari Mann-Whitney U Test, nilai significance level adalah 0,000 yang mana kurang dari 0,05. Nilai p-value tersebut mengindikasi bahwa ada perbedaan signifikan atas nilai kedua grup tersebut. Sebagai tambahan, nilai mean rank dari post-test grup eksperimen adalah 47,92 dan grup kontrol adalah 27,81. Hal in menunjukkan bahwa grup eksperimental mempunyai nilai post-test yang lebih tinggi setelah mendapatkan treatment. Kemudian, besar dampak perbedaannya adalah 0,47 yang termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa adanya dampak dalam penggunaan Instagram pada kemampuan berbicara siswa kelas XI.
Speaking skill, as one of the fundamental skills of English, has a significant role in language learning process. On these days, teachers can use social media as a part of technology to be a new media of speaking practice. Instagram can be a good social media to be used in speaking practice for stimulating students to post and to share interesting photos or videos about their learning activities. Thus, this study aims to find out the effect of Instagram on eleventh-grade students’ speaking skill. The design of this research is experimental quantitative research. The population is the eleventh-grade students’ of SMAN 1 Gresik, and the sample is 38 students of XI SIG 2 as the experimental group, and 37 students of XI SIG 1 as the control group. The research instruments are test and speaking assessment rubric. The data are gained in form of pre-test and post-test score. Then, the data are analyzed by using Mann-Whitney U Test to find its significance level because the score data is not normally distributed. The result of the study shows that based on the output of Mann-Whitney U Test, significance level (p-value) of post-test scores is .000. It is lower than .05 which means there is a significant difference between both groups after given a treatment. In addition, the experimental group has a higher mean rank score of the post-test which is 47.92 than the control group which is 27.81. In short, there is a significant difference in the use of Instagram on eleventh-grade students’ speaking skill. Then, the effect size given belongs to large effect, that is .47. Thus, it can be concluded that there is an effect of using Instagram on eleventh-grade students’ speaking skill.