Perancangan Corporate Identity PT. Prima Makmur Sentausa Abadi
Designing Corporate Identity of PT. Prima Makmur Sentausa Abadi
Oleh : Pattuang Bagas Rahmawan
PT. Prima Makmur Sentausa Abadi (PMSA) merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, perdagangan hasil tambang, maupun transportasi hasil tambang yang memiliki visi untuk dapat menjadi salah satu perusahaan strategis di Indonesia pada sektor usahanya dengan reputasi global. Sejak berdiri pada tahun 2007 maupun setelah terjadi perubahan akta sejak tahun 2014 higga saat ini PMSA masih menggunakan promosi secara personal selling dengan mengkomunikasikan layanan ataupun produk PMSA melalui hubungan relasi saja. Dengan melihat kondisi perkembangan zaman teknik promosi tersebut kurang efektif. Melihat adanya permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan corporate identity sebagai solusi permasalahan tersebut.
Corporate Identity memuat pedoman dan berbagai panduan yang dapat digunakan perusahaan sebagai identitas grafis dalam melakukan kegiatan usahanya. Dalam perancangan corporate identity PMSA ini mengambil tema besar bold dan clear serta tema pendukung yaitu menggunakan gaya desain late modern. Dengan adanya corporate identity maka reproduksi materi grafis yang dilakukan oleh PMSA dapat terjaga konsistensinya.
Pada perancangan corporate identity PT. Prima Makmur Sentausa Abadi ini menggunakan metode SWOT dan USP sebagai metode analisis data. Dengan menggunakan metode analisis data tersebut dapat menghasilkan sebuah strategi untuk menyelaesaikan permasalahan yang ada. Selain itu, dalam perancangan logo PMSA juga dilakukan metode eksplorasi ide menggunakan metode divergen konvergen.
Dengan menggunakan metode divergen konvergen dapat dihasilkan data yang menjadi kata kunci dalam perancangan logo PMSA yang sesuai dengan karakter PMSA. Karena proses eksplorasi dilakukan sebanyak duakali, sehingga menghasilkan bentuk yang beda, unik, dan memiliki dasar perancangan yang kuat.
Perancangan corporate identity ini menghasilkan sebuah buku pedoman yang berisi panduan bagi perusahaan dalam menerapkan identitas grafisnya. Selain itu, dalam perancangan ini juga menghasilkan beberapa media penerapan identitas grafis PT. PMSA diantaranya adalah buku Company Profile dan Website perusahaan.
Kata Kunci: Perancangan, Corporate Identity, , PMSA
by: Pattuang Bagas Rahmawan
PT. Prima Makmur Sentausa Abadi (PMSA) is a company engaged in the mining sector, trade, and also transportation of mining products that have a vision to become one of the strategic companies in Indonesia that have global reputation. Since its establishment in 2007 also after a change in 2014, currently PMSA still uses personal sales promotions by communicating PMSA services or products through relationships obly. By looking at the conditions of the times that promotion technique is not effective anymore. Seeing these problems, a corporate identity design was done as a solution to the problem.
Corporate Identity contains guidelines and various guidelines that companies can use as a graphic identity in conducting their business activities. In designing PMSA's corporate identity, it takes a bold and clear big theme and a supporting theme that is using the late modern design style. With the existence of a corporate identity, the reproduction of graphic material carried out by PMSA can be maintained consistency.
In designing a corporate identity, PT. Prima Makmur Sentausa Abadi uses the SWOT and USP methods as data analysis methods. By using this data analysis method can produce a strategy to solve existing problems. In addition, in designing the PMSA logo, an idea exploration method was carried out using the divergent convergent method.
By using the convergent divergent method keywords can be generated in the design of the PMSA logo that matches the PMSA character. Because the exploration process is carried out twice, so as to produce a different shape, unique, and has a strong foundation.
This corporate identity design produces a guidebook that contains guidelines for companies in implementing their graphic identity. In addition, this design also produces several media for applying the graphic identity of PT. PMSA includes the Company Profile book and company website.
Keywords : Designing, Corporate Identity, PMSA