Analisis Integrasi Pembelajaran Matematika dan Al-Qur'an dalam Penerapan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Kurikulum VISTA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu
Kode Dokumen :
0175/FIP-PGSD/2024
Penulis Utama :
ASMA NADIYYA ROSYADA
NIM Penulis Utama:
20010644116
Tahun :
2024
Judul ID :
Analisis Integrasi Pembelajaran Matematika dan Al-Qur'an dalam Penerapan Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Kurikulum VISTA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu
Judul EN :
Integration Analysis of Mathematics Learning and the Qur'an in
Implementing the 2013 Curriculum with the Vista Curriculum
Approach in Grade III of Integrated Islamic
Sumber :
UNESA -
Fakultas Ilmu Pendidikan -
Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar -
20010644116 -
2024
Jenis Dokumen :
Skripsi
Abstrak ID :
Maraknya kenalakan remaja masa kini cukup memprihatinkan dan meresahkan. Sehingga dalam mencegah hal tersebut terjadi, penanaman pendidikan karakter perlu dilakukan sejak usia dini. Tidak hanya orang tua saja yang bertanggung jawab, namun sekolah atau guru sebagai orang tua kedua mereka juga perlu berkontribusi dalam menanamkan karakter pada diri siswanya. Maka guru di SDIT AT-Taqwa ini tidak hanya dituntut untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 melainkan juga perlu memperhatikan aspek-aspek yang terdapat dalam kurikulum VISTA, sehingga diperlukan pengintegrasian antara kurikulum 2013 dan kurikulum VISTA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika berintegrasi Al-Qur’an dalam penerapan kurikulum 2013 dan pendekatan kurikulum VISTA yang dilaksanakan oleh guru matematika kelas III di SDIT At-Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk pengintegrasian pembelajaran matematika ialah menggunakan metode spiritual paradigm. Spiritual paradigm ialah penyampaian ayat Al-Qur’an yang relevan dengan materi pembelajaran, dilakukan mulai awal hingga akhir pembelajaran. Pada materi penyajian data kelas III tema 8 subtema 3 dengan menggunakan integrasi pada surat Maryam ayat 94.
Kata Kunci: Integrasi Matematika dan Al-Qur’an, Kurikulum 2013, Pendekatan Kurikulum VISTA
Abstrak EN :
The widespread trend of teenage addictions nowadays is quite alarming and troubling. Therefore, to prevent this from happening, instilling character education from an early age is essential. Responsibility lies not only with parents but also with schools and teachers who serve as their second parents, contributing to the development of their students' character. Thus, teachers at SDIT AT-Taqwa are not only required to deliver curriculum-based teachings in line with the 2013 curriculum but also need to consider aspects found in the VISTA curriculum. This integration between the 2013 and VISTA curricula is crucial. This study aims to analyze the integration of Qur’an-integrated mathematics education within the implementation of the 2013 curriculum and the VISTA curriculum approach conducted by third-grade mathematics teachers at SDIT At-Taqwa Surabaya. The research employs a qualitative descriptive method, gathering data through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that the integration of mathematics education takes the form of using the spiritual paradigm. The spiritual paradigm involves incorporating relevant Qur’an verses into the learning material, applied throughout the entire teaching process. For instance, in presenting data in third-grade theme 8 sub-theme 3, integration occurs through Quranic verse 94 from Surah Maryam.
Keywords: Integration of Mathematics and Al-Qur'an, 2013 Curriculum, VISTA Curriculum Approach