STUDI TENTANG OPTIMISME DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMP PLUS FITYANI MALANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat, aspek-aspek dan peran guru Bimbingan Konseling (BK) pada optimisme dalam perencanaan karir siswa SMP Plus Fityani Malang. Perencanaan karir adalah merupakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang yang bertujuan untuk memajukan progres tujuan karirnya sehingga dapat lebih terarah dan efisien dalam mencapai tujuan karirnya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas 8 yang menjalani program boarding school. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data sebagai penentu subjek penelitian, dan teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur untuk memperoleh informasi mengenai aspek yang membentuk dan mempengaruhi optimisme dalam perencanaan karir siswa. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat optimisme dalam perencanaan karir siswa SMP Plus Fityani Malang rendah, sedang dan tinggi. Aspek optimisme yang dimiliki oleh kelima subjek berbeda-beda, Peran konselor sangat penting dalam membantu proses perencanaan karir dengan cara memberikan layanan bimbingan dan konseling karir sehingga tingkat optimisme siswa dapat optimal.
This study as a purpose to describe the level, aspects and role of Guidance Counseling teachers on optimism in career planning for students of SMP Plus Fityani Malang. Career planning is an effort made by someone who aims to advance the progress of his career goals so that he can be more focused and efficient in achieving his career goals. The research was conducted using a qualitative method with a case study approach. The research subjects were 8th grade male students who under a boarding school program. The data collection methods used were questionnaires and interviews. Questionnaires were used to get data as determinants of research subjects, and interview techniques were carried out in an unstructured manner to get a information about aspects that make and influence students optimism in career planning. Research data analysis is descriptive. Based on the results of the study, it can be concluded that the level of optimism in career planning for students of SMP Plus Fityani Malang is low, medium and high. Aspects of optimism that are owned by the five subjects are different. The role of the counselor is very important in helping the career planning process by give career guidance and counseling services so that the level of student optimism can be optimal.