Setiap fase memiliki yang namanya tugas perkembangan termasuk pada remaja. Tugas perkembangan ini harus dicapai oleh individu, karena apabila tugas perkembangan ini tidak bisa dicapai oleh individu maka dapat dipastikan akan menggangu perkembangan pada fase-fase berikutnya. Salah satu tugas perkembangan yang harus dicapai adalah tugas perkembangan kesadaran peran dan fungsi gender. Di SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo ada sebuah kasus yang menunjukkan diskriminasi gender yang akhirnya memunculkan sebuah pertanyaan bagaimana kesadaran gender peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah tidak tercapainya kesadaran peran dan fungsi gender mempengaruhi kehidupan peserta didik dan prestasi akademik peserta didik. Tidak tercapainya kesadaran gender pada peserta didik disebabkan oleh dua hal yaitu yang pertama karena sosialisasi gender yang tidak berhasil dan yang kedua karena peserta didik tidak diajarkan untuk menghargai peran antar gender.
Kata Kunci : Kesadaran Gender, Peserta Didik
Every phase of life has an assignment of development including the phase of the teenager. This assignment of development has to accomplish because if this assignment of development didn’t accomplish by an individual then it can be assured that it will disturb the development in the next phases. One of the assignments of development that has to accomplish is the assignment of the development of gender awareness. In the SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo, there is a case that shows gender discrimination and this case brings up a question about how are gender awareness of the students of the SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo. The type of this research is qualitative research. The instrument used to collect data are interviews, observation and document study. The subject of this research is the XII Science class students. The technical analysis used to analyze the data are triangulation.
The result of this research is that unaccomplished gender role and function awareness affects the daily life of the students and the academic accomplishment of the students. The unaccomplishment of gender awareness caused by two things first is because gender socialized that didn’t work and the second is that because the students aren’t taught to respect the role of gender.
Keywords: Gender Awareness, Students