PENGEMBANGAN MEDIA CARD GAME BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BENCANA ALAM UNTUK ANAK AUTIS
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED MEDIA CARD GAME IN LEARNING NATURAL DISASTERS FOR CHILDREN WITH AUTISM
Media yang menarik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran untuk anak autis yang mengalami gangguan pervasive dimana salah satu sistem saraf pada otak tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga mengganggu perkembanan komunikasi, interaksi sosial dan perilaku anak. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Develoment) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami dalam bentuk digital card game berbasis android dengan materi pembelajaran bencana alam yang layak dioperasikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang berisi instrumen penilaian untuk materi dan media. Aspek materi yang dinilai meliputi format, isi, bahasa dan perhatian. Aspek media yang dinilai meliputi visual, audio, keterpaduan, penekanan dan keseimbangan. Uji kelayakan materi dilakukan oleh ahli materi dengan hasil uji validasi 77,5 % dan uji kelayakan media dilakukan oleh ahli media dengan hasil validasi 83,93%, sehingga hasil uji validasi materi dan media termasuk dalam kategori layak.
Interesting media is needed in learning, especially learning for autistic children who experience pervasive disorders in which one of the nervous system in the brain does not function properly thus disrupting the development of communication, social interaction dan children’s behavior. This review is the screening of R & D (Research and Develoment) which aims to develop more interesting and easy-to-understand learning media in the form of android-based digital card games with natural disaster learning materials. The data collection techniques used in this study are questionnaires containing assessment instruments for materials and media. Aspects of the material assessed include format, content, language and attention. Media aspects assessed include visual, audio, integrated, emphasis and balance. Material due diligence is conducted by material experts with 77.5% validation test results and media due diligence conducted by media experts with 83.93% validation results, so material and media validation test results are included in the good category.