PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN
SOFTBALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DALAM PEMBELAJARAN PJOK
THE EFFECT OF IMPLEMENTING SOFTBALL GAME
MODIFICATIONS ON STUDENTS' LEARNING MOTIVATION
IN PJOK LEARNING
Pendidikan merupakan sarana yang dapat menjadi
penunjang bagi anak bangsa untuk meningkatkan kualitas diri
dan kehidupan mereka agar siap menghadapi persaingan yang
akan datang. Maka dari itu pendidikan sangat dibutuhkan bagi
peserta didik, pendidikan tersebut bisa didapatkan dengan
pembelajaran di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui apakah ada pengaruh setelah diberikan penerapan
modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran PJOK kelas IX di UPT SMP Negeri 2 Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen, yaitu eksperimen semu desain One Grup
Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan sampel murid kelas IX-
H UPT SMP Negeri 2 Gresik dengan jumlah 32 peserta didik.
Hasil dari melakukan pengambilan data, data yang
diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini dapat kita ketahui
tidak terdapat pengaruh dalam penerapan modifikasi permainan
softball terhadap motivasi belajar siswa. Hasil dari analisis data
yang telah dilakukan peneliti menggunakan angket motivasi mendapatkan hasil nilai pre-test sebesar 120,34 sedangkan hasil
nilai post-test sebesar 123,21 sehingga peningkatan nilai rata-
ratanya hanya sebesar 2,87, yang artinya hasil nilai angket
motivasi pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan
berjumlah 3,58%. Hal ini terbukti dari hasil penelitian
menghasilkan nilai angket Pre-test dan Post-test menunjukkan
Thitung > Ttabel yaitu 0,156 > -1454 dan dari hasil menunjukkan
bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.
Kata kunci : Modifikasi, Permainan Softball, Motivasi Belajar
Siswa
Education is a means that can support the nation’s
children to improve the quality of themselves and their lives so
that they are ready to face future competition. Therefore,
education is very much needed for students, this education can
be obtained by learning in the school environment. The aim of
this research is to find out whether there is an influence after
implementing modified softball games on students learning
motivation in learning PJOK class IX at UPT SMP Negeri 2
Gresik. This research uses a quantitative approach with a type of
experimental research, namely a quasi-experimental One Group
Pretest-Posttest design. The research used a sample of srudent in
class IX-H UPT SMP Negeri 2 Gresik with a total of 32 students.
As a result of data collection, we can see that the data
obtained from carrying out this research has no influence in
implementing softball game modifications on student learning
motivation. The result of the data analysis carried out by researchers using a motivation questionnaire obtained a pre-test
score of 120,34, while the post-test score was 123,21, so the
increase in the average score was only 2,87, which means the
results of the motivation questionnaire were the pre-test and
post-test increased by 3,58%. This was proven by the results of
the research resulting in the Pre-test and Post-test questionnaire
score showing TCount > Ttable , namely 0,156 > -1454 and the result
showed that Howas accepted and Ha was rejected.
Keyword: Modification, Softball Game, Student Learning
Motivation