PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUSANA ANAK DI KELAS XI BUSANA 1 SMK NEGERI 1 JABON
THE APPLICATION OF PROJECT-BASED LEARNING IN CHILDREN'S FASHION LEARNING IN CLASS XI FASHION 1 SMK NEGERI 1 JABON
Nama : Ivana Azizah Zharfan
NIM : 19050404069
Program Studi : S1 Pendidikan Tata Busana 2019
Fakultas : Fakultas Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Lutfiyah Hidayati, S.Pd., M.Pd.
Model pembelajaran project based lerning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melaksanakan proyek dari awal hingga jadi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keterlaksanaan project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pre-eksperimental desain. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain one-shot case study. Dimana pada peneliti memberikan model pembelajaran project based learning pada materi pembuatan busana anak untuk selanjutnya melihat pengaruh terhadap kreativitas siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan lembar penelitian hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar observasi, ini berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran project based lerning. Lembar keterlaksanaan model pembelajaran project based lerning digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) Lembar rubrik penilaiaan hasil belajar digunakan untuk mengukur kreativitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menujukan bahwa : (1) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Busana Anak Di Kelas XI Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon menujukan kualitas sangat baik. (2) Tingkat kreativitas siswa pada pembuatan busana anak di kelas XI SMK Negeri 1 Jabon setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning mencapai 75% (27) siswa dengan kategori sangat kreatif dan 25% (9) siswa dengan kategori kratif.
Kata kunci : Penerapan, Kreativitas, Model pembelajaran Project Based Learning, Busana Anak
Name : Ivana Azizah Zharfan
Study Programme : Bachelor of Fashion Education 2019
Faculty : Faculty of Engineering
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Lutfiyah Hidayati, S.Pd., M.Pd.
The objectives of this study are (1) to describe the implementation of project-based lerning in children's fashion learning in class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) to describe the level of student creativity in children's fashion learning in class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon.
This type of research is a pseudo-experimental research using pre-experimental design. The design used in this research is a one-shot case study design. Where the researcher provides a project-based learning model on the material of making children's clothing and then sees the effect on student creativity. Data were collected using observation and learning outcomes research sheets. The instruments used were (1) Observation sheet, this is in the form of a project-based learning model implementation sheet. The implementation sheet of the project-based lerning learning model is used to obtain data on the implementation of project-based lerning in children's fashion learning in class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) Learning outcomes assessment rubric sheet is used to measure student creativity after applying the project-based lerning learning model in children's fashion learning in class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon. The data analysis technique used was descriptive quantitative.
The results of the study indicate that: (1) The implementation of the Project Based Learning model in children's fashion learning in class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon shows very good quality. (2) The level of student creativity in making children's clothing in class XI SMK Negeri 1 Jabon after applying the Project Based Learning model reached 75% (27) students in the very creative category and 25% (9) students in the creative category.
Keywords: Application, Creativity, Project Based Learning Model, Ana Clothing