Pemerolehan bahasa pertama dan pemerolehan bahasa kedua dalam kehidupan anak-anak memiliki peranan yang sangat penting. Pemerolehan bahasa dapat membantu anak dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian literasi pemerolehan bahasa kedua dalam perkembangan bahasa anak adalah untuk menggambarkan bagaimana literasi pemerolehan bahasa kedua dalam perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK ABA 45 Lamongan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi terus terang dan tersamar, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi digunakan untuk memperoleh data pengamatan perilaku dan perkembangan subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data wawancara digunakan untuk mendapatkan data dan informasi dari guru kelas, orang tua dan tetangga mengenai literasi pemerolehan bahasa kedua. Teknik pengumpulan data dokumentasi digunakan untuk mendukung informasi data yang telah di dapatkan dalam bentuk gambar seperti, foto kegiatan pembelajaran, foto hasil karya, foto sarana dan prasarana, dan dalam bentuk tulisan seperti RPPM.
Hasil penelitian literasi pemerolehan bahasa kedua dalam perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK ABA 45 menunjukkan bahwa : 1.) Literasi pemerolehan bahasa kedua sangat mempengaruhi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Dengan kuantititas respon yang sesuai dan konsistenitas respon yang diberikan membantu berkembangnya literasi pemerolehan bahasa kedua. Literasi pemerolehan bahasa kedua yang berkembang dapat membantu dan merangsang perkembangan bahasa anak dengan aktif. Kemampuan bahasa (bahasa reseptif dan bahasa ekspresif) anak usia 5-6 tahun berkembang seiring dengan literasi pemerolehan bahasa kedua dalam kondisi kegiatan pembelajaran di kelas aktif menggunakan bahasa kedua. 2.) Faktor eksternal yang mempengaruhi literasi pemerolehan bahasa kedua adalah proses sosial, interaksi dinamis dan reponsi. Ketiga faktor di atas saling berkaitan dengan baik dalam literasi pemerolehan bahasa kedua.
Kata kunci: literasi, pemerolehan bahasa kedua, perkembangan bahasa
First language acquisition and second language acquisition in the lives of children have a very important role. Helping children to communicate with their environment. The purpose of the second language literacy research in children's language development was to examine how the second language literacy literacy in the language development of children aged 5-6 years in ABA 45 Lamongan Kindergarten.
The research method used is qualitative along with a case study approachment. Data was collected by straightforward and disguised observation techniques, structured interviews, and documentation. Observation data collection techniques are used to obtain behavioral observation data and the development of the subject under study. The interview data collection technique was used to obtain data and information from classroom teachers, parents and neighbors regarding second language acquisition literacy. Documentation data collection techniques are used to support data information that has been obtained in the form of images such as photos of learning activities, photographs of works, photographs of facilities and infrastructure, and in writte form such as RPPM.
The results of the second language literacy study in the language development of children aged 5-6 years in ABA 45 kindergarten showed that: 1.) Literacy of second language acquisition greatly influenced the language development of children aged 5-6 years. With the appropriate response quantity and the consistency of the response provided, it helps to develop second language acquisition literacy. Literacy in developing a second language can help and stimulate children's language development actively. Language skills (receptive language and expressive language) children aged 5-6 years develop along with second language literacy in conditions of learning activities in active classes using a second language. 2.) External factors that influence second language acquisition literacy are social processes,dynamic interactions and responses. The three factors above are closely related to both second language literacy.
Keyword : literacy, second language acquisition, language development