Penelitian ini menghasilkan kartu belajar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa yang ditinjau dari aspek validitas, aspek kepraktisan, dan aspek efektifitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain penelitian R&D yang terdiri dari enam tahapan yaitu potensi masalah,pengumpulan data,desain produk,validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Proses uji coba menggunakan desain one group pretest-posttest yang dilakukan pada 20 siswa kelas VII-A MTsN 4 Sidoarjo. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan menggunakan instrumen lembar telaah, lembar validasi, lembar angket respon siswa, lembar keterlaksaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan soal tes kemampuan literasi sains. Teknik analisis data menggunakan skala Likert, skala Guttman, kriteria modus, skor literasi sains setiap level, dan N-Gain score. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kevalidan media kartu belajar mendapatkan nilai modus sebesar 3 dengan kategori layak, kepraktisan kartu belajar ditinjau dari respon siswa mendapatkan persentase sebesar 97,72% dengan kategori sangat baik, dan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai modus sebesar 4 dengan kategori sangat baik, dan keefektifan kartu belajar ditinjau dari peningkatan skor tes kemampuan literasi sains siswa melalui analisis N-Gain score sebesar 0,43 dengan kategori sedang dengan peningkatan level litearsi sains dari level 4 ke level 5, dan keefektifan ditinjau dari pengamatan aktivitas siswa mendapatkan persentase sebesar 91,68% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa kartu belajar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi tata surya SMP telah layak berdasarkan aspek kevalidan,kepraktisan, dan keefektifan.
This research produce learning cards as learning media to improve students' literacy skills in terms of validity, practicality, and effectiveness aspects. This type of research is development research using R & D research design which consists of six stages, namely potential problems, data collection, product design, design validation, design revision, and product testing. The trial process uses the design of one group pretest-posttest conducted on 20 students of class VII-A MTsN 4 Sidoarjo. Methods of collecting data using interview techniques and using study sheet instruments, validation sheets, student response questionnaire sheets, learning coercion sheets, student activity sheets, and test questions about scientific literacy skills. The data analysis technique uses a Likert scale, Guttman scale, mode criteria, scientific literacy scores for each level, and N-Gain score. The results of the study were that the validity of learning card media obtained a mode value of 3 with appropriate categories, practicality of learning cards in terms of student responses to get a percentage of 97.72% with very good categories, and in terms of the implementation of learning to get a mode value of 4 with a very good, and the effectiveness of learning cards in terms of increasing test scores on scientific literacy skills of students through N-Gain score analysis of 0.43 with a moderate category with increasing levels of scientific literacy from level 4 to level 5, and effectiveness viewed from observing activities students get a percentage of 91.68% with a very good category. Then it can be concluded that learning cards to improve scientific literacy skills in the SMP solar system material are feasible based on aspects of validity, practicality, and effectiveness.