Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Perkembangan Motorik Kasar, Kognitif dan Sosial Siswa SD Muhammadiah 24 Ketintang Surabaya
The Effect Of The Traditional Game Of Gobak Sodor On The Correct Motor, Cognitive and Social Development Of Students Of SD Muhammadiah 24 Ketintang Surabaya
ABSTRAK
ANTON DWI NURWIYANTO, 2021. Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Perkembangan Motorik Kasar, Kognitif Dan Sosial Siswa Sd Muhammadiah 24 Ketintang Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Noortje Anita Kumaat, M. Kes. Dan (II) Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes.
Kata-kata Kunci: Permainan Tradisional Gobak Sodor, Motorik Kasar, Kognitif Dan Sosial Anak
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh permainan tradisioanl gobak sodor pada siswa sd muhamadiah 24 ketintang surabaya, dalam penelitian ini berupaya untuk meberikan stimulus anak agar dapat bergerak aktif mengembangkan motorik kasar, kognitif dan sosial anak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) berupa permainan tradisional gobak sodor dan variabel terikat (dependent) merupakan motorik kasar, kognitif dan sosial anak. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa terdiri dari 20 siswa kelas IV (empat), 21 siswa kelas V (lima) dan 19 siswa kelas VI (enam). Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini meggunakan metode deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalet control Group Design bertujuan untuk mengetahui posttest dari dua sampel yang berbeda. Bedasarkan hasil uji beda kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan adanya perbedaan: mototik kasar 2,167 < 2,392, kognitif 2,056 < 2,289 dan sosial 1,833< 2,100. Perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen pada variabel penelitian perkembangan motorik kasar 0,225, kognitif 0,233 dan sosial 0,267. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai posttest antara kelompok control dan kelompok eksperimen pada permainan gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar, kognitif dan sosial pada siswa SD Muhammadiayah 24 ketintang surabaya.
ABSTRACT
ANTON DWI NURWIYANTO, 2021. The Influence of Gobak Sodor Traditional Game on Gross Motor, Cognitive and Social Development of Students at Muhammadiyah 24 Ketintang Elementary School Surabaya. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Noortje Anita Kumaat, M. Kes. And (II) Dr. Fransisca Januarumi Marhaendra Wijaya, S.Pd., M.Kes.
Keywords: Gobak Sodor Traditional Game, Gross Motor, Cognitive And Social Children
This study aims to examine the effect of the traditional game of Gobak Sodor on students at SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya. This study aims to determine the relationship between two variables, namely the independent variable in the form of the traditional game of Gobak Sodor and the dependent variable, which is the gross motor, cognitive and social skills of children. The sample used was 60 students consisting of 20 students in class IV (four), 21 students in class V (five) and 19 students in class VI (six). The data analysis technique in this quantitative research uses descriptive quantitative methods. The research design used is Quasi Experimental Design with the design form Nonequivalet control Group Design aims to determine the posttest of two different samples. Based on the results of the different test results, the control and experimental groups showed differences: gross motor 2.167 < 2.392, cognitive 2.056 < 2.289 and social 1.833 < 2.100. Significant differences between the control group and the experimental group on the research variables of gross motor development 0.225, cognitive 0.233 and social 0.267. So it can be concluded that there is a significant difference in the posttest scores between the control group and the experimental group in the Gobak Sodor game on gross motor, cognitive and social development of students at SD Muhammadiayah 24 Ketintang Surabaya.