ANALISIS LIFE CYCLE COST PERKERASAN KAKU DAN LENTUR JALAN PROVINSI (STUDI KASUS: JALAN RAYA PARE – KEDIRI)
ANALYSIS OF LIFE CYCLE COST OF RIGID AND FLEXIBLE PAVEMENT OF PROVINCIAL ROADS (CASE STUDY: JALAN RAYA PARE – KEDIRI)
Ruas Jalan Raya Pare – Kediri merupakan jalan provinsi yang merupakan jalan utama penghubung antara Pare dan Kota Kediri. Pada ruas jalan ini sering dilewati oleh kendaraan yang bermuatan besar, seperti truck bermuatan tebu. Namun pada kondisi existing terdapat kerusakan yang bervariasi. Perencanaan jalan umumnya direncanakan memiliki umur rencana pelayanan tertentu sesuai kebutuhan dan kondisi lalu lintas, misalnya 10 sampai dengan 20 tahun. Untuk mencapai pelayanan pada kondisi yang baik selama umur rencana tersebut, diperlukan adanya upaya pemeliharaan jalan. Pemeliharaan dan rehabilitasi kerusakan jalan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini memerlukan analisis life cycle cost sehingga tepat sasaran dan ekonomis. Sesuai hasil dari penelitian dengan pedoman Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, diperoleh tebal perkerasan lentur diantaranya AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, AC-Base 16 cm dan lapis pondasi agregat kelas A 15 cm. Sedangkan tebal perkerasan kaku menggunakan beton bersambung tanpa tulangan dengan mutu beton 30 MPa diperoleh tebal pelat beton 28,5 cm dan lapis pondasi beton kurus (LMC) 10 cm. Berdasarkan pengolahan data diperoleh jumlah biaya konstruksi perkerasan lentur sebesar Rp 12.958.812.587,00 sedangkan perkerasan kaku sebesar Rp 30.584.262.345,00. Total biaya pemeliharaan untuk perkerasan lentur sebesar Rp 23.836.678.414,33 sedangkan untuk perkerasan kaku sebesar Rp 3.208.462.265,15. Sehingga hasil analisis life cycle cost pada penelitian ini diperoleh total biaya selama siklus hidup 20 tahun perkerasan lentur sebesar Rp 36.795.491.001,33 sedangkan perkerasan kaku sebesar Rp 33.792.724.610,15. Sehingga biaya selama siklus hidup untuk perkerasan kaku lebih hemat 8,51% daripada perkerasan lentur.
Pare-Kediri Highway is a provincial road which is the main connecting road between Pare and Kediri City. On this road section is often bypassed by vehicles with large loads, such as trucks loaded with sugar cane. But in the existing conditions there is damage that varies. Road planning is generally planned to have a certain service life plan according to needs and traffic conditions, for example 10 to 20 years. To achieve service in good condition during the life of the plan, road maintenance efforts are needed. Maintenance and rehabilitation of road damage also requires a lot of money. This requires life cycle cost analysis so that it is targeted and economical. According to the results of research with the 2017 pavement design Manual, flexible pavement thickness was obtained including AC-WC 4 cm, AC-BC 6 cm, AC-Base 16 cm and Class A aggregate foundation layer 15 cm. While the thickness of rigid pavement using continuous concrete without reinforcement with concrete quality of 30 MPa obtained concrete slab thickness of 28.5 cm and a layer of thin concrete foundation (LMC) 10 cm. Based on data processing, the total cost of flexible pavement construction is Rp 12,958,812,587.00 while rigid pavement is Rp 30,584,262,345. 00. The Total maintenance cost for flexible pavement is Rp 23,836,678,414.33 while for rigid pavement is Rp 3,208,462,265. 15. So that the results of life cycle cost analysis in this study obtained the total cost during the 20-year life cycle of flexible pavement of Rp 36,795,491,001.33 while rigid pavement of Rp 33,792,724,610. 15. So that the cost during the life cycle for rigid pavement is 8.51% more efficient than flexible pavement.