ABSTRAK
Maathoba, Aman.
2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Web E-learning dan Schoology Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar
pada Mata Pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T.
(II) Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Schoology, Web
E-learning, Hasil Belajar
Pembelajaran di era digital saat ini,
menuntut guru berinovasi memanfaatkan teknologi informasi sebagai bagian dari
tugas guru untuk membuat suasana belajar menyenangkan dan menjadikan peserta
didik senang belajar. Oleh karena itu, perlu dipilih teknologi informasi dan
komunikasi yang dapat menjadikan suasana belajar menyenangkan dan menjadikan
peserta didik senang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(1) perbedaan hasil belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak (PWPB)
antara penggunaan media pembelajaran web e-learning dan schoology,
(2) perbedaan hasil belajar PWPB antara peserta didik bermotivasi tinggi dan
rendah, dan (3) interaksi antara media pembelajaran web e-learning
maupun schoology dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil
belajar PWPB.
Penelitian ini menggunakan metode quasi
eksperimental research. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas XI RPL di SMKN 1 Sukorejo tahun pelajaran 2020/2021. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas XI RPL 1 sebanyak 36 peserta didik dan XI RPL 2
sebanyak 34 peserta didik di SMKN 1 Sukorejo. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol dengan memberikan soal pretest sebelumnya. Kemudian,
antara kelas eksperimen (Web E-learning) dan kelas kontrol (Schoology)
dibuat perbandingan pada hasil belajar yang ditinjau dari motivasi belajar. Teknik
pengambilan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini
menggunakan desain analisis faktorial (ANAVA) 2 X 2 dengan menggunakan uji
analisis two way Anava.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh
yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Web E-learning dan Schoology
dalam kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran PWPB (Fhitung > Ftabel atau 46,682 > 3,14
pada taraf signifikansi 5%), (2) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang
signifikan antara motivasi belajar tinggi dan rendah dalam kegiatan
pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PWPB (Fhitung
< Ftabel atau 1,187 < 3,14 pada taraf signifikansi 5%), dan
(3) tidak tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran Web
E-learning maupun Schoology dengan motivasi belajar peserta didik
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PWPB (Fhitung <
Ftabel atau 0,055 < 3,14 pada taraf signifikansi 5%).