EFL LEARNERS’ LISTENING SELF-EFFICACY: SOURCES AND CORRELATION TO LISTENING COMPREHENSION
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara keyakinan mendengarkan Bahasa Inggris mahasiswa dengan kemampuan pemahaman mendengarkan Bahasa Inggris mereka di lingkup Universitas. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki sumber efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris yang paling banyak dilaporkan mahasiswa serta korelasinya dengan efikasi diri kemampuan mendengarkan Bahasa Inggris mereka. Seperangkat kuesioner yang menilai efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris dan sumber efikasi diri mahasiswa diberikan kepada 106 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Tes mendengarkan juga dilakukan untuk mengumpulkan data skor pemahaman mendengarkan Bahasa Inggris. Hasilnya ditemukan bahwa 78 mahasiswa memiliki efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris yang tinggi. Ditemukan juga korelasi yang lemah antara efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris mahasiswa dengan skor pemahaman mendengarkan Bahasa Inggris mereka. Selain itu, pengalaman vikarius ditemukan menjadi sumber yang paling banyak dilaporkan sebagai sumber efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris mahasiswa. Ditemukan juga bahwa ada korelasi antara sumber mendengarkan efikasi diri yaitu pengalaman keberhasilan, pengalaman vikarius, dan persuasi sosial dengan efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris. Namun, keadaan psikologis ditemukan tidak memiliki korelasi dengan efikasi diri mendengarkan Bahasa Inggris mahasiswa.
Present study aimed to investigate the correlation between EFL learners’ listening self-efficacy and their listening comprehension in university setting. In addition, this study also investigated the most reported listening selfefficacy sources as well as its correlation to listening self-efficacy. A set of questionnaire assessed learners’ listening self-efficacy and source of listening efficacy was administered to 106 English department learners. A listening test was also conducted to collect learners’ listening comprehension score data. The result found that 78 learners had high listening self-efficacy. There was also weak correlation between learners’ listening self-efficacy and listening comprehension score. In addition, vicarious experience was found to be the most reported source on learners’ listening self-efficacy. Furthermore, it was also found that there was a correlation between listening source of self-efficacy namely mastery experience, vicarious experience, and verbal persuasion and listening self-efficacy. Psychological state, however, found to have no correlation with learners’ listening self-efficacy. Keywords