Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan alat praktikum efek fotolistrik. Kelayakan alat praktikum efek fotolistrik dapat dinyatakan layak dapat dinilai dari nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifitas alat praktikum efek fotolistrik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil uji coba terbatas alat praktikum efek fotolistrik ini dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA Raden Rahmat Balong Bendo. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai validitas alat praktikum efek fotolistrik beserta LKPD pada materi efek fotolistrik mendapatkan nilai validitas yaitu 85,8% dan 78,5% yang termasuk dalam kategori baik. Kepraktisan alat praktikum efek fotolistrik beserta LKPD pada materi efek fotolistrik dinilai melalui nilai keterlaksanaan pembelajaran yaitu dengan nilai 3,71 yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan nilai angket respon peserta didik yaitu 79,8% yang termasuk dalam kategori baik. Efektifitas alat praktikum efek fotolistrik beserta LKPD pada materi efek fotolistrik baik ditinjau dari hasil peningkatan keterampilan proses sains peserta didik mencapai skor rata-rata 0,66 dengan kategori sedang dan peningkatan keterampilan proses sains tersebut meningkat dengan thitung = 16,59 sedangkan pada ttabel = 2,045 yang termasuk dalam kategori peningkatan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat praktikum efek fotolistrik layak untuk dipakai dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMA kelas XII.
Kata kunci : Keterampilan proses sains, efek fotolistrik, Alat praktikum, Lembar kerja peserta didik
This research aims to analyze feasibility of photo electric instrument. It contains validity, practicality, and effectiveness. This research was used ADDIE development model. It was implemented in class XII Science 1 in Raden Rahmat Balong Bendo Senior High School. Based on analysis it can be concluded that validity of photo electric instrument and student worksheet have 85,8% and 78,5% and have valid category. Practical of photo electric instrument have 3,71 in learning process. Effective of photo electric instrument have 0,66 in n-gain score.Based on analysis it can be concluded that it was in category: valid, practical, and effective. So it was feasible to improve scientific process skill of students of Senior High School.
Keywords: Scientific process skills and Photo electric effect