Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasi motor listrik berdasarkan; validitas, kepraktisan ditinjau dari respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran, dan keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan 10, akan tetapi pada penelitian ini bahan ajar yang dihasilkan hanya prototype saja sehingga tahap pengembangan bahan ajar ini hanya sampai tahap ke tujuh yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah afektif, ranah kognitif, dan ranah psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan perangkat pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan dengan hasil ratting sebagai berikut: (1) RPP mendapatkan ratting 99,4% diketegorikan sangat valid; (2) LP afektif mendapatkan ratting 99,4% diketegorikan sangat valid; (3) LP kognitif mendapatkan ratting 80,7% diketegorikan sangat valid; (4) LP psikomotor mendapatkan ratting 83% berkategori sangat valid. Aspek kepraktisan dinyatakan dengan hasil ratting respons guru sebesar 87,5% dan respon siswa sebesar 82,1%. Aspek keefektifan ditinjau dari rerata hasil belajar diperoleh hasil sebagai berikut; (1) hasil belajar afektif mendapatkan dua hasil meliputi sikap spiritual mendapatkan rata-rata 87,81 dan sikap sosial mendapatkan rata-rata 89,90; (2) hasil belajar kognitif dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar 80,3. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th = 29,631> ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0,00; (3) hasil belajar psikomotor dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata kelas sebesar 87,5. Dari hasil uji statistika menggunakan One-Sample Test diperoleh th = 5,227> ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi (α) sebesar 0,01. Sehingga H0 ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari kriteria ketuntasan minilan (KKM) yaitu 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif berbantuan software EKTS pada mata pelajaran instalasi motor listrik di SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, kevalidan, keefektifan, kepraktisan.
Abstract
This research aims to develop cooperative learning device-assisted software EKTS on subjects based on electric motor installation; the validity, the practicability of student response and the response of teachers towards, the effectiveness of student learning results after using the device-assisted cooperative learning model of learning software EKTS. The research method used is a Research And Development (R&D) with 10 stages, but the research on materials produced only prototypes just so these learning materials development stage only until the seventh stage, namely, (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) design products; (4) product validation; (5) a revision of the product; (6) test products; (7) the analysis and reporting. The subject of research is the grade XI TITL in SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. The instruments used, namely sheet device validation of learning, now the response of students, teachers, and the response is the now the test results of students comprising the realm of affective, cognitive, domain and psychomotor domain. The results showed that the level of the feasibility study on the validity of the devices stated with the results charts as follows: (1) the RPP get charts 99.4% categorized very valid; (2) the LP charts get 99.4% affective categorized very valid; (3) cognitive get LP charts 80.7% categorized very valid; (4) the psychomotor LP get 83% category charts are very valid. Aspects of practicability are declared with the results charts teacher response of 87.5% and 82.1% of student response. Aspect of the effectiveness of the learning results obtained average results as follows; (1) the learning outcomes affective get two results include the spiritual attitude of getting average 87.81 social attitude and get average 89.90; (2) cognitive learning results revealed very effectively with an average grade of 80.3. From the results of statistical tests use a One-Sample Test retrieved th = ttabel > 29.631 = 1.70 level of significance (α) of 0.00; (3) the psychomotor learning results revealed very effectively with an average grade of 87.5. From the results of statistical tests use a One-Sample Test retrieved th = ttabel > 5.227 = 1.70 level of significance (α) of 0.01. So that H0 is rejected, meaning that the average student learning outcome greater than the criteria thoroughly minimum (KKM) 75. Thus, it can be concluded that the cooperative learning model-assisted learning software EKTS on subjects of installation of electric motor in SMK Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo declared worthy of use in the learning activities.
Key words: device, validity, learning effectiveness, practicality.