Kantor merupakan sebuah unit lembaga organisasi yang terdiri dari tempat, personil, serta operasi ketatausahaan. Penyusunan tata ruang kantor menjadi unsure penting dalam kantor, hal ini dikarenakan tata ruang kantor dapat member kemudahan pegawai dalam melakukan aktivitas pekerjaannya. Penataan tata ruang kantor yang baik dan benar akan berdampak positif bagi pegawai yaitu menambah produktivitas dan efisiensi pegawai dalam bekerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tata ruang kantor di Kantor PT. JasaRahajra (Persero) Perwakilan Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus yang akan dianalisis meliputi bentuk tata ruang kantor dan asas-asas tata ruang kantor di PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, (penyajian data), serta kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menggambarkan bahwa Tata Ruang Kantor di PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Surabaya menggunakan bentuk tata ruang terbuka, dan Asas-asas yang di terapkan di kantor PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Surabaya yaitu ada asas jarak terpendek, asas rangkaian kerja, asas penggunaan seluruh ruangan, dan asas perubahan susunan tempat kerja belum diterapkan dengan baik oleh PT. JasaRaharja (Persero) Perwakilan Surabaya.Saran yang dapat di berikan kepada PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Surabaya meliputi, Penempatan peralatan harus memperhatikan rangkaian kerja agar tidak menyulitkan pegawai, seluruh ruangan yang ada harus dimanfaatkan dengan baik, jarak Peralatan dengan pegawai harus dekat sehingga demi efisiensi pekerjaandan perlu mempertimbangkan dalam penataan peralatan-peralatan kantor, di karenakan pegawai sering kesulitan dalam melakukan pekerjaannya.Kata Kunci:Bentuk Tata Ruang, Asas-asas Tata Ruang Kantor
Office is an organizational unit unit consisting of place, personnel, and administrative operations. The arrangement of office space becomes an important element in the office, this is because office layout can provide employees with ease in carrying out their work activities. A good and correct arrangement of office layout will have a positive impact on employees, namely increasing productivity and efficiency of employees in work. The purpose of this research is to describe the office layout in the PT. JasaRahajra (Persero) Surabaya Representative.This study uses a descriptive approach with qualitative methods. In this study there are two focuses that will be analyzed including the form of office layout and the principles of office layout in PT. Jasa Raharja (Persero) Surabaya Representative. Data collection techniques in this study used three methods, namely observation, interviews, and documentation. Furthermore, for data analysis techniques in this study using four stages include data collection, data reduction, data display, (data presentation), and conclusions / verification.The results of the study illustrate that Office Spatial Planning at PT. Jasa Raharja (Persero) Surabaya Representative uses open forms of spatial planning, and the principles applied at the PT. Jasa Raharja (Persero) Surabaya Representative, namely there is the shortest distance principle, the principle of the work sequence, the principle of the use of the entire room, and the principle of changes in the workplace arrangement that has not been well implemented by PT. JasaRaharja (Persero) Surabaya Representative.Suggestions that can be given to PT. Jasa Raharja (Persero) Surabaya Representative includes, Placement of equipment must pay attention to work arrangements so as not to make it difficult for employees, all existing spaces must be utilized properly, the distance of Equipment and employees must be close so that for the sake of work efficiency and consideration of structuring office equipment, because employees often have difficulty doing their jobs.Keywords: Forms of Spatial Planning, Office Spatial Principles