Struktur Wacana Iklan Provider Melalui Short Message Service (SMS)
Discourse Structure of Provider Ads Through Short Message Service (SMS)
Pemanfaatan layana SMS sebagai media iklan memiliki pemilihan kalimat dan kata yang sangat menarik apalagi melihat jika dibandingkan dengan media lain yang media iklannya tidak hanya menampilkan teks dan visual sedangkan iklan di SMS hanya menampilkan sepenuhnya teks dikarenakan keterbatasan media SMS itu sendiri. Bagaiaman sebuah teks sepenuhnya disusun untuk menarik mempengaruhi dan menarik minat penerimanya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berarti tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur wacana iklan provider melalui SMS yang paparan datanya berupa teks. Adapun Teknik pemerolehan datanya adalah dengan dokumentasi, yaitu SMS yang dikirimkan provider diterima oleh pelangan provider dan disimpan berupa tangkapan layer dan kemudia ditulis ulang guna memudahkan proses analisis. Struktur wacana yang terkandung dalam iklan SMS provider dibagi menjadi tiga bagaian: teknik persuasi (kepala wacana), pengenalan produk (tubuh wacana), pemerolehan produk (penutup wacana). Pada teknik persuasi ditemukan lima teknik persuasi diantaranya adalah teknik rasional, teknik identifikasi, teknik sugesti, teknik kompensasi, dan teknik proyeksi. Terdapat tujuh diksi dominan yang ditemukan dalam peneilitian ini diataranya diskon, sale, flashsale, cashback, selamat, special, bonus, dan promo. Kata Kunci: wacana, iklan, struktur, persuasi, diksi
Abstract has a very interesting selection of sentences and words, especially when compared to other media where the advertising media does not only display teks and visuals, while advertisements in SMS only display full teks due to the limitations of the SMS media itself. How a teks is fully structured to attract influence and interest the recipient. This research is descriptive qualitative, which means the purpose of this research is to describe the discourse structure of provider advertisements via SMS, where the data exposure is in the form of teks. While the data acquisition technique is documentation where the SMS sent by the provider is received by the provider's customers and stored in the form of a layer capture and then rewritten to facilitate the analysis process. Discourse structure contained in SMS provider advertisements is divided into three parts: Teknik persuasi(kepala wacana), pengenalan produk(tubuh wacana), pemerolehan produk (penutup wacana). In persuasion techniques, five persuasion techniques were found including rational techniques, identification techniques, suggestion techniques, compensation techniques, and projection techniques. There are seven dictions found in this research including diskon, sale, flashsale, cashback, selamat, special, bonus, dan promo. Keywords: discourse, advertising, structure, persuasion, diction