AKSEN KALIMAT DEKLARATIF PADA IKLAN 50 JAHRE LIDL
DECLARATIVE SENTENCE ACCENTS IN 50 JAHRE LIDL ADVERTISEMENTS
Seperti satuan lingual lainnya, aksen memiliki peranan yang penting dalam setiap bahasa, khususnya dalam bahasa Jerman lisan. Kadang kala dalam bahasa Jerman intonasi yang berbeda menunjukkan arti yang berbeda, seperti penggunaannya dalam iklan di media sosial, Youtube. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada deskripsi pola intonasi dan deskripsi aksen dalam iklan 50 Jahre Lidl di Youtube. Terkait dengan fokus penelitian ini, maka teori yang digunakan adalah teori intonasi dan aksen dari Gallman dalam Duden Grammatik 4. Selain itu, data yang digunakan adalah teks-teks kalimat deklaratif bahasa Jerman dalam iklan 50 Jahre Lidl di Youtube. Berdasar penggunaan teori aksen dan intonasi dari Gallman, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh pola intonasi kalimat deklaratif, yaitu LHLLL, LHLL, LHL, LLHL, LHLHL, LHLHLHLL, dan LHLHLHLHL. Hasil penelitian berikutnya terkait dengan aksen dalam iklan tersebut menunjukkan bahwa ada tiga jenis aksen, yakni kalimat deklaratif dengan aksen turun (H*L), kalimat deklaratif dengan aksen naik (H*) dan kalimat deklaratif aksen dalam (L*).
Kata kunci: pola intonasi, aksen, kalimat deklaratif, iklan.
Like other linguistic elements, the accent also plays an important role in spoken German, especially in advertising on social media and YouTube. This study deals with intonation patterns and accents in the “50 Jahre Lidl” advertisement on YouTube. Gallman's intonation and accent theory from Duden Grammatik 4 serves as the theoretical basis. The data consists of German declarative sentences in this advertisement. The results of this study indicate that there are seven intonation patterns: LHLLL, LHLL, LHL, LLHL, LHLHL, LHLHLHLL and LHLHLHLHL. Further results show three types of accents in advertising: declarative sentences with falling accent (H*L), declarative sentences with high accent (H*), and declarative sentences with low accent (L*).
Keywords: intonation patterns, accents, declarative sentences, advertising.