THE VALIDITY OF STUDENT WORKSHEETS BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING IN HUMAN BLOOD TYPE SYSTEM SUB MATERIALS TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILL FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Kemampan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk dapat menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Pemerintah berupaya menyusun kurikulum 2013 dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang relevan dalam kehidpuan sehari-hari salah satunya adalah pembelajaran biologi pada submateri Sistem Penggolongan Darah pada Manusia. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk dapat memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya adalah bahan ajar berupa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada submateri Sistem Penggolongan Darah pada Manusia berdasarkan kelayakan penyajian, isi, dan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Tahap yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Validitas LKPD ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh tiga validator menggunakan instrument lembar validasi LKPD. Aspek yang dinilai dalam validitas meliputi aspek penyajian, isi, bahasa, karakteristik LKPD untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis, dan karakteristik LKPD berorientasi PBL. Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan memperoleh hasil validitas sebesar 3,95 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Validasi, LKPD berbasis PBL, penggolongan darah manusia, kemampuan berpikir kritis.
Critical thinking skill is one of the competencies students must master to be able to confront the challenges of 21st-century education. The government seeks to compile the 2013 curriculum with learner-centered learning that is relevant to daily life. Learning that is relevant in daily life, one of which is the learning of Biology in the sub materials of Human Blood Type System. One alternative that can be used to facilitate students in developing their critical thinking skills is by providing them teaching materials forms students worksheets based on Problem Based Learning (PBL). This study aimed to produce PBL-based Students Worksheets to train students’ critical thinking skills in the sub material of Human Blood type System based on the feasibility of presentation, content, and language. This study used the 4D model there were define, design, develop, disseminate. The stages carried out only up until the development stage. The validity of Students Worksheets was determined based on the results of the validation by three validators using the validation sheet instrument. Aspects of validity rated include aspects of presentation, content, language, worksheets characteristics to train critical thinking skills, and PBL-oriented worksheets characteristics. The results showed that the PBL-based worksheets in this study obtained a validity score of 3.95 with a very valid category. Based on the results of the validity, it can be concluded that the developed PBL-based worksheets in this study can be used in the teaching and learning process to train students' critical thinking skills.
Keywords: Validation, PBL-based worksheet, human blood type, critical thinking skills.