ABSTRAK
Keterampilan menulis dalam Bahasa Asing merupakan keterampilan yang sulit dikuasai dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa peserta didik di SMAN 1 Gedangan kesulitan menemukan ide untuk menulis. Hal ini disebabkan karena minimnya penguasaan kosakata. Oleh karena itu, pengajar membutuhkan model pembelajaran inovatif yang bisa membuat pembelajaran lebih menarik. Untuk membantu peserta didik, maka salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Write Around. Model pembelajaran ini diterapkan karena menunut semua peserta didik dalam kelompok menuliskan idenya secara bergiliran untuk membuat sebuah rangkaian kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas peserta didik dalam proses penerapan model pembelajaran Write Around untuk keterampilan menulis Bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMAN 1 Gedangan. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil analisis lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Write Around telah diterapkan dengan baik sesuai dengan prosedur. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Write Around dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis Bahasa Jerman.
Kata kunci : model pembelajaran Write Around, keterampilan menulis
ABSTRACT
German writing is a difficult skill. Based on the interview results, it is shown that the SMAN 1 Gedangan students have difficulty finding writing ideas. This is due to the lack of vocabulary or vocabulary. Therefore, the teacher needs an innovative learning model that can make learning more interesting. To help the students, the Write Around scribe model is one of the possible implementations. This learning model is applied, which allows all students to write or write their ideas. The formulation of the problem in this study is the way in which students are active in using the Write Around Learning Model. The results of the study show that the learning model was carried out according to the procedure. It follows that the learning model can be used as an alternative to learning German writing skills.
Keywords: Write Around learning model, writing skills