Penelitian ini bertujuan untuk (1) menhasilkan bahan ajar interaktif penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro kelas XI PKM di SMK Negeri 1 Jombang, (2) menghasilkan bahan ajar interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas XI PKM di SMK Negeri 1 Jombang, dan (3) menghasilkan bahan ajar interaktif yang efektif digunakan oleh peserta didik kelas XI PKM di SMK Negeri 1 Jombang.
Penelitian pengembengan ini mengacu pada model pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yaitu model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, prosedur penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdapat 3 yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, ahli grafis, ahli bahasa, dan peserta didik kelas XI PKM SMK Negeri 1 Jombang. Dalam uji coba produk dilakukan secara terbatas yaitu kepada 20 peserta didik kelas XI PKM di SMK Negeri 1 Jombang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner terbuka untuk mendapatkan data kualitatif dan kusioner tertutup untuk mendapatkan data kuantitatif berupa angka. Kemudian, data tersebut dianalisis mengggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) mengasilkan bahan ajar interaktif yang dikemas dengan format .exe sehingga aplikasi ini berdiri sendiri tanpa bantuan aplikasi lain. (2) Menghasilkan bahan ajar interaktif yang dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran mata pelajaran layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal tersebut diketahui dari prosentase penilaian dari masing-masing ahli yaitu ahli materi sebesar 79%, ahli media 92%, ahli grafis 98%, dan ahli bahasa 85%. (3) Menghasilkan produk yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran layanan lembaga perbankan dan keuang mikro kelas XI PKM di SMK Negeri 1 Jombang dengan perolehan respon peserta didik sebesar 94,5% dengan interpretasi sangat baik.
This research aims to (1) produce interactive teaching materials supporting the 2013 curruculum for banking institution and micro finance sevice subjects in class XI PKM at state 1 vocational school Jombang, (2) produce interactive teaching materials that are feable for use in learning of student class XI PKM at state 1 vocational school Jombang, and (3) produce interactive teaching materials that are effectively used by student class XI PKM at state 1 vocational school Jombang.
The development research refers to the development model by Thiagarajan, Semmel & Semmel that is a 4-D development model which includes define, design, develop, and disseminate. However, the research procedures carried out by researchers were 3 stage that is define, design, and develop. Subjects in the research is material experts, media expert, graphic expert, language expert, and student of class XI PKM state 1 vocational school Jombang. In trial product do limited test to the 20 students of class XI PKM at state 1 vocational school Jombang. The instrument used in data collection uses an open questionnaire to obatain qualitative and closed questionnaire to obatain quantitative data in the form of number. Then, the data is analyzed using descriptive analysis techniques.
The results of this research are (1) to produce interactive teaching materials that are package whit the .exe format so this application stand alone whitout help of other applications. (2) Produce interactive teaching materials that are considered very feasible to used in learning resources learning for subject learning banking institutions and micro finance service that are accordance with 2013 curriculum. This is known from the percentage of evaluasions from each expert that is 79% material expert, 92% media expert, 98% graphic expert, and 85% language expert. (3) produce products that are effectively used in the learning prosess of banking institutions and micro finance service in class XI PKM at state 1 vocational school Jombang with the acquisition of student respinses of 94,5% with very good interpretation.