ABSTRAK
Kriemler et al. 2011. Lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk aktif secara fisik. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I)Dr. Edy Mintarto, M.Kes., dan (II) Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.
Kata-kata Kunci: Kebugaran Jasmani, pengembangan fisik, latihan, ladder drill, shuttle run
Dengan berolahraga kondisi kebugaran tubuh siswa dapat terjaga, sehingga dapat mencapai hasil prestasi yang maksimal. Kebugaran jasmani merupakan hal yang harus diperhatikan dalam perkembangan dan peningkatan ketrampilan siswa. Untuk meningkatkan unsur kebugaran siswa, perlu adanya latihan yang sesuai dengan ketrampilan siswa yang ingin ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan mengkaji perkembangan kebugaran jasmani anak usia 12-13, yang meliputi (1) pengembangan fisik ( terdiri atas peningkatan kelincahan dan peningkatan kecepatan), (2) latihan pengembangan fisik dan kebugaran jasmani anak, yang terdiri atas latihan ladder drill dan shuttle run yang menjelaskan pada peningkatan kecepatan dan kelincahan.
Penelitian ini di lakukan dengan dua tahap yaitu tahap persiapan yang bertujuan menyiapkan instrumen dan bentuk latihan, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan latihan siswa di sekolah dengan menggunakan rancangan pre test - post test. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : nilai rata-rata dari hasil pre test dan post test kelompok ladder drill adalah 5,62 dan 5,51 untuk tes lari 30 M dan untuk nilai rata-rata pre test dan post test dari hasil tes side step test yaitu 29,10 dan 31,30. Sedangkan nilai rata-rata dari hasil pre test dan post test kelompok shuttle run adalah 5,71 dan 5,55 untuk tes lari 30 M dan nilai rata-rata pretest dan postest dari tes side step adalah 29,30 dan 31,70. Kemudian nilai rata-rata dari hasil pre test dan post test kelompok kontrol adalah 5,40 dan 5,52 untuk tes lari 30 M. Sedangkan nilai rata-rata dari hasil pretest dan postest tes side step adalah 32,00 dan 31,80.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bentuk latihan ladder drill dan shuttle run sangat efektif untuk meningkatkan kebugaram jasmani siswa yang terdiri atas kelincahan dan kecepatan pada diri siswa, dengan melalui tes kecepatan yaitu lari 30 M dan tes kelincahan yaitu side step test.
ABSTRACT
Kriemler et al. 2011. The school environment plays an important role in providing opportunities for children to be physically active. Thesis, Sport Education Study Program, Postgraduate Program of Surabaya State University. Mentor : (I) Dr. Edy Mintarto, M.Kes., dan (II) Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.
Key Words: Physical Fitness, physical development, exercise, ladder drill, shuttle run
By exercising the fitness condition of the student's body can be maintained, so as to achieve maximum performance results. Physical fitness is something that must be considered in development and improving student skills. To improve the fitness element of students, training is needed in accordance with the skills of students who want to be improved.
This research to examine the development of physical fitness of children aged 12-13, which includes (1) physical development (consisting of increasing agility and increasing speed), (2) physical development and physical fitness training for children, which consists of ladder drill and shuttle run exercises which explain the increase in speed and agility.
This research was carried out in two stages, namely the preparatory phase which aims to prepare instruments and forms of training, followed by the implementation phase of student training in schools using the pretest-posttest design. The research data obtained are as follows: the average value of the pretest and posttest results of the ladder drill group was 5.62 and 5.51 for the 30 M run test and for the average pretest and posttest scores from the side step test results of 29, 10 and 31.30. While the average value of the pretest and posttest results in the shuttle run group was 5.71 and 5.55 for the 30 M run test and the average pretest and posttest scores from the side step tests were 29.30 and 31.70. Then the average value of the pretest and posttest results of the control group was 5.40 and 5.52 for the 30 M run test. While the average score of the pretest and posttest side step tests was 32.00 and 31.80.
Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the form of ladder drill and shuttle run exercises are very effective to improve students' physical fitness which consists of agility and speed in students, through a speed test which is 30 M run and agility test that is a side step test.