BERKARYA DENGAN TEKNIK MOZAIK MEMANFAATKAN KALENG BEKAS DI SMA LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA
WORKING WITH MOSAIC TECHNIQUE USING USED CANS AT SMA LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA
Membuat karya seni dengan memanfaatkan kaleng bekas merupakan salah satu bentuk penerapan media pembelajaran seni di kelas dengan menggabungkan pembelajaran yang kreatif dengan kegiatan daur ulang. Tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga membuka mengasah potensi kreatif yang dimiliki oleh peserta didik. Peneliti mengajarkan cara membuat karya logam di kelas X-4 dengan menggunakan bahan limbah logam, khususnya kaleng minuman, sebagai teknik mozaik untuk membuat karya logam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembuatan karya logam teknik mozaik dengan memanfaatkan kaleng bekas, mengetahui dan mendeskripsikan hasil pembuatan serta respon dari peserta didik dan pihak sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada proses pembelajaran, hasil pembuatan karya serta respon dari peserta didik kelas X-4 dan pihak sekolah.
Penelitian dilaksanakan selama enam kali pertemuan di kelas X-4 karya mozaik dengan memanfaatkan kaleng bekas dengan tema flora dan fauna. 5 kelompok yang memperoleh kriteria penilaian baik dengan memperoleh nilai 89, 88, 87, 86, dan 83, sedangkan 5 kelompok diantaranya memperoleh kriteria penilaian sangat baik dengan memperoleh nilai 95, 93, 93, 92, dan 90. Respon peserta didik telah dikumpulkan dalam bentuk tabel melalui angket yang telah diberikan dalam bentuk google form kepada peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu membuat mozaik dengan memanfaatkan kaleng bekas dengan baik. Membuat mozaik membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, tetapi peserta didik mampu menunjukkan kreativitas belajar secara berkelompok dengan baik.
Kata Kunci : logam, mozaik, kaleng bekas minuman
Making art by utilizing used cans is one form of application of art learning media in the classroom by combining creative learning with recycling activities. Not only does it reduce waste, but it also opens up the creative potential of students. Researchers taught how to make metal works in class X-4 by using metal waste materials, especially beverage cans, as a mosaic technique to make metal works.
This study aims to determine and describe the process of making metal works using mosaic techniques by utilizing used cans, knowing and describing the results of making and the response of students and the school. This research uses a qualitative approach that focuses on the learning process, the results of making works and the response of class X- 4 students and the school.
This research was carried out for six meetings in class X-4 mosaic work by utilizing used cans with the theme of flora and fauna. 5 groups obtained good assessment criteria by obtaining scores of 89, 88, 87, 86, and 83, while 5 groups obtained excellent assessment criteria by
obtaining scores of 95, 93, 93, 92, and 90. Student responses have been collected in tabular form through questionnaires that have been given by researchers in the form of google forms to students. This shows that students are able to make mosaics by utilizing used cans well. Making mosaics requires patience and diligence, but learners are able to show creativity in learning in groups well.
Keywords: metal, mosaic, used beverage cans