Peningkatan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli
Improving the Motor Ability of Elementary School Students through Bottom Passing in Volleyball Games
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan motorik (gerak dasar) siswa sekolah melalui teknikpassing bawah dalam permainan bola voli. Metode yangdigunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain OneGroup Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini mencakupseluruh siswa kelas I-VI di SDN Sarangan 2. Data dikumpulkanmenggunakan tes dan pengukuran, kemudian dianalisis secaradeskriptif kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS versi 26.Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatankemampuan motorik (gerak dasar) melalui teknik passing bawahdalam permainan bola voli. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t atausample paired t-test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) < 0,05,menandakan adanya pengaruh yang signifikan. Selain itupeningkatan juga menunjukkan adanya pengaruh model denganmelihat kenaikan presentase nilai pada post-test. Pada ranahkemampuan motorik (gerak dasar) antara lain test LemparTangkap Bola Jarak 1 meter dengan Tembok meningkat sebesar24,11%, test Strok Stand Potional Balance meningkat sebesar61,79%, test Shuttle Run 4 x 10 meter meningkat sebesar 1,89%, dantest Lari cepat 30 meter meningkat sebesar 17%. Terdapatpeningkatan kemampuan motorik (gerak dasar) melalui passingbawah permainan bola voli pada siswa kelas IV dan V di SDN 2Sarangan. Dengan melihat paired sample t-test yang menunjukkanixnilai sig (2 tailed) < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan daripemberian treatment terhadap posttest.Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Gerak Dasar, Permainan BolaVoli.
This study aims to determine the increase in motor skills (basicmovements) of school students through the underhand passing techniquein volleyball games. The method used is a quasi-experimental method withthe One Group Pretest Posttest design. The population in this studyincluded all students in grades I-VI at SDN Sarangan 2. Data werecollected using tests and measurements, then analyzed descriptivelyquantitatively using SPSS software version 26. The results of dataanalysis showed an increase in motor skills (basic movements) throughthe passing technique. down in volleyball. This can be seen from theresults of the t test or sample paired t-test which shows a sig (2-tailed)value <0.05, indicating a significant effect. In addition, the increase alsoshows the influence of the model by looking at the increase in thepercentage of scores in the post-test. In the realm of motor skills (basicmovements), including the test of Throwing Catching a Ball 1 meter fromthe Wall increased by 24.11%, the Stand Potional Balance Stroke testincreased by 61.79%, the 4 x 10 meter Shuttle Run test increased by 1.89%, and the 30 meter sprint test increased by 17%.Keywords: Motoric Ability, Basic Movement, Volleyball Game