Investasi merupakan sebuah aktifitas krusial dimana berkaitan erat dengan financial atau perekonomian seseorang maupun organisasi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 182 responden dan menggunakan uji regresi linear berganda. Objek pada penelitian ini ialah investor mahasiswa perguruan tinggi yang memiliki galeri investasi di Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya overconfidence tidak berpengaruh karena responden cenderung merasa pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya tidak berdampak pada tingkat keuntungan yang akan diperolehnya. Accounting information tidak berpengaruh karena responden cenderung tidak bisa membaca dan melakukan penganalisisan pada laporan keuangan. Self image/ firm image tidak berpengaruh karena responden lebih memperhatikan estimasi target hasil meskipun reputasi perusahan tersebut terbilang tidak baik. Social Relevance berpengaruh karena bagi responden tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan tampak lebih nyata dan dihargai secara positif. Advocate Recommendation berpengaruh karena responden cenderung lebih percaya dengan saran dan rekomendasi oleh seseorang yang lebih dulu bergelung pada dunia investasi. Personal Financial Needs berpengaruh karena responden lebih mengutamakan hasil atau keuntungan yang akan diperolehnya di masa mendatang dalam memenuhi kebutuhan keuangan pribadinya.
Kata Kunci: accounting information, advocate recommendation, investor mahasiswa Surabaya, keputusan investasi, overconfidence, personal financial needs, self image/ firm image, social relevance
Investment is a crucial activity which is closely related to financial or economic of someone or organization. This research aims to analyse the factors that can influence the investment decision making. The type of this research is quantitativereserach with total sample of 182 respondents and using multiple linear regression tests. The object of this research is college student investors who have investment galleries in the city of Surabaya. The results showed that overconfidence has no effect because respondents feel that their knowledge and abilities didn’t have an impact on the profit they would gain. Accounting information has no effect because respondents can’t read and analyze the financial statements. Self image/ firm image has no effect because respondents pay more attention to estimated target results even though the company’s reputation is not good. Social Relevance has an effect because for respondents, corporate social responsibility looks more real and positively valued. Advocate Recommendation has an effect because respondents are more confident with suggestions and recommendations from some friends or someone who knows more about investment. Personal financial needs has an effect because respondents prioritize the results or profit that will be gained in the future to fulfil their personal financial needs.
Keywords: accounting information, advocate recommendation, college investor of Surabaya, investment decision making, overconfidence, personal financial needs, self image/ firm image, social relevance