Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat praktikum susunan pegas ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada uji coba digunakan desain penelitian One group pre-test, post-test pada tiga kelas eksperimen dengan replikasi. Berdasarkan data dan analisis kelayakan alat praktikum dari aspek kevalidan alat praktikum diperoleh rata-rata persentase hasil validasi sebesar 83% dengan kategori sangat valid. Kelayakan dari aspek keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik dilihat dari tigas aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil ketuntasan belajar dari ketiga replikasi menunjukkan hasil yang positif yaitu 100%, 94,4%, dan 94,4%. Kelayakan dari aspek kepraktisan dilihat dari hasil angket respon peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan alat praktikum susunan pegas diperoleh persentase secara berutan yaitu sebesar 92%, 92%, dan 93% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa alat praktikum susunan pegas berbasis sensor ultrasonik yang dikembangkan ini telah layak digunakan sebagai alat penunjang pembelajaran Fisika pada materi Elastisitas.
Kata Kunci : Pengembangan, Alat Praktikum susunan pegas
This research aim to determine the Appropriateness of a spring practice tool in terms of validity, effectiveness, and practicality. The research method used development research with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) and with one group pre-test post-test research design was used in three replication. Appropriateness on the validity aspects the validity obtained an average percentage of 83% with a very valid category. Eligibility from the aspect of effectiveness based on student learning outcomes seen from the three aspects of knowledge, attitudes, and skills. The learning outcomes from three classes showed positive results, i.e 100%, 94.4%, and 94.4%. The Appropriateness of the aspects of practicality based on the results of the questionnaire responses of students obtained a percentage of 92%, 92%, and 93% with a very good category. It can be concluded that the developed spring-based ultrasonic sensor practicum tool has been Appropriateness to be used as a supporting tool for learning physics in Elasticity.
Keywords: Development, Spring Practicum Tool