Perkembangan teknologi berdampak pada aspek pendidakan, terutama bidang matematika. Pembelajaran pada abad 21 diharuskan mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran dalam hal ini LMS berperan penting untuk mengintegrasikan TIK ke pembelajaran. Salah satu LMS yang ada yaitu Schoology. Schoology dalam perkembangannya juga sudah mempunyai aplikasi yang bisa diinstal di perangkat mobile hal itu mempermudah para guru dalam mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran karena perangkat mobile sudah umum digunakan pada anak jaman sekarang. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran menggunakan mobile Schoology akan menjadi suatu hal yang membantu. Tujuan penelitian ini adalah (1) proses pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Mobile Learning Schoology pada materi peluang, dan (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Mobile Learning Schoology pada materi peluang.
Media Pembelajaran yang dikembangkan menggunakan mobile learning Schoology yang bisa diinstal di perangkat mobile siswa. Media Pembelajaran dibuat menggunakan bahasa pemrogaman html yang terkompresi dalam bentuk package yang bisa diupload di server Schoology. Media Pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu fase Need asses, fase design, dan fase develop and implementation. Instrumen pendukung yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar kepraktisan, tes hasil belajar dan angket respon siswa.
Media Pembelajaran yang dikembangkan dikatakan baik jika memenuhi tiga kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) valid, dengan nilai berdasarkan validator dengan total rata-rata skor 3,25, 2) praktis, yang didasari oleh penilaian umum para validator yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan dengan sedikit revisi dan hasil lembar kepraktisan siswa yang menunjukan bahwa presentase jawaban “YA” siswa sebesar 100%, dan 3) efektif, dengan berdasarkan tes hasil belajar siswa yang menunjukan bahwa 77,8% siswa memperoleh nilai > 75 dan dari hasil angket respon siswa yang menunjukan hasil positif dengan nilai rata-rata total 75,75%.
Learning Media Development With Mobile Lear Technological developments have an impact on the aspects of education, especially in the field of mathematics. Learning in the 21st century is required to integrate ICT into learning, in this case the LMS plays an important role in integrating ICT into learning. One of the existing LMS is Schoology. In its development, Schoology also has applications that can be installed on mobile devices that make it easier for teachers to integrate ICT into learning because mobile devices are commonly used in children today. Therefore the development of learning media using mobile Schoology will be a helpful thing. The purpose of this study is (1) describing the process of developing Learning Media using School Learning Mobile Learning on opportunity material, and (2) describing the results of the development of Learning Media using Schoology Mobile Learning on opportunity material.
Learning Media developed using Schoology mobile learning that can be installed on students' mobile devices. Learning Media is made using a compressed html programming language in the form of a package that can be uploaded on the Schoology server. Learning Media was developed using the Hannafin & Peck development model which consisted of three phases namely the Need asses phase, the design phase, and the develop and implementation phase. Supporting instruments used include validation sheets, practicality sheets, learning outcomes tests and student response questionnaires.
The developed learning media is said to be good if it meets three criteria, namely valid, practical, and effective. The results of this study indicate that, 1) is valid, with values based on validators with a total average score of 3.25, 2) practical, which is based on a general assessment of validators who state that this learning media can be used with a slight revision and the results of practicality sheets students who showed that the percentage of "YES" answers of students was 100%, and 3) effective, based on student learning outcomes tests which showed that 77.8% of students obtained a score > 75 and from the results of student questionnaire responses that showed positive results with average scores total 75.75%.ning Schoology In Probability Theory