ANALISIS SIKAP KONSUMEN PADA ATRIBUT PRODUK MINUMAN SUSU RACIK MAK TAM BERBASIS ANALISIS FISHBEIN
ANALYSIS OF CONSUMER ATTITUDES ON THE ATTRIBUTES OF MILK DRINK BY MAK TAM BASED ON FISHBEIN ANALYSIS
Pada riset yang telah dilakukan peneliti bertujuan mengidentifikasi perspektif konsumen terhadap atribut suatu produk dalam konteks minuman susu racik Mak Tam serta melihat atribut apa yang paling dipercaya dan dipentingkan oleh konsumen dalam mengkonsumsi susu racik Mak Tam. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Dalam menentukan sampel, peneliti memanfaatkan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan ialah metode Fishbein, dalam memperoleh hasil yang diharapkan penelitian ini dibantu software Microsoft Excel 2013 dan SPSS 26. Berdasarkan temuan dan analisis yang telah dilakukan, penelitian menunjukkan bahwa (Ao) terhadap seluruh atribut produk susu racik mak tam yang meliputi rasa, harga, merek dan kemasan adalah positif dengan total nilai sikap sebesar 75,95 pada rentang skala 61,6 ≤Ao≤ 80,8. Atribut produk yang memiliki nilai tertinggi pada (bi) yaitu atribut merek dengan nilai 4,33 dan atribut produk yang memiliki nilai tertinggi pada (ei) yaitu pada atribut rasa dengan nilai 4,51. Sehingga, kesimpulan yang diperoleh ialah konsumen memiliki sikap suka atau positif pada seluruh atribut produk.
In the research that has been carried out, the researcher aims to identify consumer perspectives on the attributes of a product in the context of Mak Tam's milk drink and see what attributes are most trusted and prioritized by consumers in consuming Mak Tam's milk. This type of research uses descriptive quantitative. In determining the sample, the researcher used a purposive sampling technique with data collection techniques using a questionnaire. The data analysis used is the Fishbein method, in obtaining the expected results this research is assisted by Microsoft Excel 2013 and SPSS 26 software. price, brand, and packaging are positive with a total attitude value of 75.95 on a scale range of 61.6 Ao≤ 80.8. The product attribute that has the highest value on (bi) is the brand attribute with a value of 4.33 and the product attribute that has the highest value on (ei) is the taste attribute with a value of 4.51. Thus, the conclusion obtained is that consumers have a favorable attitude toward all product attributes.
Keywords: Consumer Attitute; Fishbein; Level of Trust (bi); Level of importance (ei)