PENERAPAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PEAR DECK DI SMPN 5 SIDOARJO
IMPLEMENTATION OF HYBRID LEARNING ART OF MUSIC USING PEAR DECK INTERACTIVE MEDIA AT JHS 5 SIDOARJO
Pembelajaran seni budaya Hybrid Learning atau tatap muka terbatas menuntut siswa untuk aktif, sehingga diterapkan media belajar interaktif Pear Deck di SMPN 5 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis penerapan pembelajaran Hybrid Learning Seni Musik menggunakan media interaktif Pear Deck. Aplikasi ini merupakan bagian add on dari google slide yang memiliki berbagai macam fitur membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan tambahan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Seni Musik Hybrid Learning dengan media interaktif Pear Deck mengkombinasikan teks, audio, video, animasi sesuai dengan perencanaan. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) disusun dan dikembangkan sesuai dengan kondisi proses pembelajaran yaitu Hybrid Learning yaitu 50% face to face (tatap muka) dan 50% Synchronous virtual collaboration (tatap maya). Hasil yang didapatkan ialah siswa mudah dalam memahami dan juga siswa menjadi aktif dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat, tanggapan siswa yang positif serta interaksi siswa yang lebih mudah dengan guru. Pembelajaran Hybrid Learning dengan menggunakan Pear Deck siswa menjadi aktif berinteraksi dengan materi pada Hybrid Learning dan 90% hasil belajarnya meningkat.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hybrid Learning, Pear Deck, Seni Musik.
Hybrid learning or limited face-to-face learning requires students to be active, so Pear Deck interactive learning media is applied at SMPN 5 Sidoarjo. The purpose of this study was to analyze the application of Hybrid Learning in Music Arts using the Pear Deck interactive media. This application is an add-on part of Google Slides which has various features to make learning more interesting and interactive. The research method used is descriptive qualitative with additional quantitative data. Data collection techniques by means of observation, interviews, questionnaires, and documentation. Test the validity of this research data using triangulation of sources and techniques. The results showed that Hybrid Learning Music Art with Pear Deck interactive media combines text, audio, video, animation according to the plan. Learning Implementation Plan is prepared and developed in accordance with the conditions of the learning process, namely Hybrid Learning, which is 50% face to face (face to face) and 50% Synchronous virtual collaboration (face to face). The results obtained are that students are easy to understand and also students become active as evidenced by increased student learning outcomes, positive student responses and easier student interactions with teachers. Hybrid Learning by using Pear Deck students become active in interacting with the material in Hybrid Learning and 90% of their learning outcomes increase.
Keywords: Learning Media, Hybrid Learning, Pear Deck, Music Art