Perkembangan pada bidang teknologi semakin hari semakin meningkat. Salah satu jenis teknologi komunikasi yang berkembang pesat saat ini yaitu smartphone berbasis Android. Banyaknya usia pelajar yang menggunakan smartphone dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran yang biasa disebut m-learning (mobile learning).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran m-learning berbasis Android pada materi SPLDV dan hasil pengembangannya ditinjau dari kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi (media, materi, lembar kemampuan pengguna, tes hasil belajar, dan angket respon pengguna), lembar kemampuan pengguna, tes hasil belajar, dan angket respon pengguna. Media ini divalidasi oleh tiga ahli media dan tiga ahli materi. Uji coba media pembelajaran tersebut dilakukan pada sembilan siswa kelas VII MTs NU Sidoarjo.
Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis, dan efektif. Dikatakan valid berdasarkan nilai rata-rata total validasi oleh ahli media dan materi, media ini termasuk dalam kategori valid sebesar 3,52 (ahli media) dan 3,60 (ahli materi) dari rentang 0-4. Media pembelajaran ini dikatakan praktis karena berdasarkan penilaian umum validator, media tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi dan kemampuan pengguna dalam menggunakan media pembelajaran termasuk dalam kategori positif dengan persentase 100%. Media ini juga memenuhi kriteria efektif karena berdasarkan data skor tes hasil belajar 88,89% dari sembilan subjek uji coba yang memperoleh nilai ≥78 (KKM) dan respon pengguna sangat baik yaitu sebesar 3,41 dengan nilai maksimal 4.
Developments in the field of technology are increasing time to time. One type of communication technology that rapidly growing is Android-based smartphones. The number of students using smartphones can be used in the education field as a learning medium commonly called as m-learning (mobile learning).
This study aims to describe the process of developing Android-based m-learning learning media on SPLDV material and its development results in terms of valid, practical, and effective criteria. This study refers to the ADDIE development model which consists of 5 stages namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research instruments used were validation sheets (media, material, user ability sheets, learning outcomes tests, and user response questionnaires), user ability sheets, learning outcomes tests, and user response questionnaires. This media was validated by three media experts and three material experts. The learning media trial was conducted on nine seventh grade students of NU Islamic Junior High School Sidoarjo.
Based on the results of the study, the learning media developed fulfills valid criteria practice and effective. Valid based on the average value of total validation by media and material experts, this media is included in the valid category of 3.52 (media experts) and 3.60 (material experts) from a range of 0-4. This learning media is practice because based on the general evaluation of the validator, the media can be used with a slight revision and the user's ability to use learning media categorized as positive with a percentage of 100%. This media also fulfills the effective criteria because based on the data of the learning outcomes test score of 88.89% of the nine test subjects who obtained a score of ≥78 (KKM), the user response was very good at 3.41 with a maximum value of 4.