PENGEMBANGAN MODUL RESILIENSI DIRI PENCEGAHAN
NARKOBA PADA PESERTA DIDIK SMP
DEVELOPMENT OF DRUG PREVENTION SELF-RESILIENCE
MODULE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
PENGEMBANGAN MODUL RESILIENSI DIRI PENCEGAHAN NARKOBA PADA PESERTA DIDIK SMP
Nama : Annisa Salsabilla
NIM : 20010014028
Program Studi : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr.Wiryo Nuryono, S.Pd.,M.Pd.
Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru BK SMPN 1 Surabaya bahwa terdapat 15 peserta didik yang coba-coba di dalam satu kelas yang mengonsumsi alkohol oplosan pada waktu pulang sekolah. Berdasarkan hasil instrumen resiliensi diri diisi oleh 385 peserta didik SMPN 1 Surabaya, menunjukkan sebesar 40,4% rendahnya optimisme dan 53,5% rendahnya regulasi emosi. Hal tersebut didukung hasil wawancara dengan peserta didik yang terlibat bahwa alkohol oplosan didapat dari memalak uang jajan adik kelas untuk membeli alkohol oplosan melalui temannya di luar sekolah. Alasan peserta didik yang terlibat bahwa kecemasan berlebihan dijauhi oleh teman-temannya jika tidak mencoba alkohol tersebut, tidak tahan atas ajakan teman-temannya karena penasaran rasa alkohol dan sebagai pelarian dari masalah hidupnya. Ini menunjukkan rendahnya kemampuan aspek-aspek resiliensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul resiliensi diri pencegahan narkoba pada peserta didik SMP yang memenuhi kriteria akseptabilitas sebagai media bimbingan dan konseling bagi guru BK. Penelitian ini menggunakan tahap pengembangan Borg and Gall (2003) yaitu 1) Pengumpulan data dan informasi , 2) perencanaan, 3) desain produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi produk awal, 6) Uji coba lapangan utama, 7) Revisi produk II, 8) Uji coba lapangan operasional, 9) Revisi produk akhir, 10) Desiminasi dan implementasi. Namun, keterbatasan penelitian sehingga sampai tahap kelima. Berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media, dan guru BK memperoleh persentase 88,91% dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas. Penelitian ini sampai tahap kelima karena masih berupa prototype sehingga diharapkan bagi peneliti selanjutnya mampu melanjutkan tahapan selanjutnya untuk efektifitas modul yang dikembangkan.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Resiliensi Diri, dan Pencegahan Narkoba
DEVELOPMENT OF DRUG PREVENTION SELF-RESILIENCE MODULE FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Name : Annisa Salsabilla
Study Program : Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of Education
Name Of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr.Wiryo Nuryono, S.Pd.,M.Pd.
Based on the results of interviews that have been conducted with BK teachers of SMPN 1 Surabaya, there are 15 students who tried in one class who consumed oplosan alcohol at home from school. Based on the results of the self-resilience instrument filled by 385 students of SMPN 1 Surabaya, it showed 40.4% low optimism and 53.5% low emotional regulation. This is supported by the results of interviews with the students involved who know that oplosan alcohol was obtained from stealing the pocket money of classmates to buy oplosan alcohol through their friends outside of school. The reason the students involved that excessive anxiety is shunned by their friends if they do not try the alcohol, cannot stand the invitation of their friends because they are curious about the taste of alcohol and as an escape from their life problems. This shows the low ability of self-resilience aspects. This study aims to produce a drug prevention self-resilience module in junior high school students that meets the acceptability criteria as a medium of guidance and counseling for BK teachers. This study uses the development procedures of Borg and Gall (2003), namely 1) Data and information collection, 2) planning, 3) Product design, 4) Product validation, 5) Initial product revision, 6) Main field trials, 7) Product revision II, 8) Operational field trials, 9) Final product revision, 10) Dissemination and implementation. However, the research is limited so that it reaches the fifth stage. Based on the validation test of material experts, media experts, and BK teachers obtained a percentage of 88.91%, it can be concluded that the module developed meets the acceptability criteria. This research has reached the fifth stage due because it is still a prototype, so it is hoped that the next researcher will be able to continue the next stage for the effectiveness of the modules developed.
Keywords: Development, Drug Prevention, and Self-Resilience Module