Refractive Thinking of Visualizer and Verbalizer Students of Middle School in Solving Geometry Problems
Berpikir refraktif merupakan aktivitas mental seseorang dalam membuat sebuah keputusan dalam menyelesaikan masalah yang mana melalui berpikir reflektif dan kritis. Perbedaan gaya kognitif pada seseorang mengakibatkan perbedaan dalam proses berpikir refraktifnya. Hal ini diharapkan mampu menjadi penghubung bagi pendidik untuk melatih siswa dengan pemberian masalah yang variatif baik menggunakan gambar maupun kata-kata. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan berpikir refraktif siswa visualizer dan verbalizer SMP dalam memecahkan masalah geometri. Metode pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara. Tes tulis diberikan kepada 57 siswa kelas 8 SMP negeri di Jombang. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif visualizer dan satu siswa dengan gaya kognitif verbalizer dengan masing-masing subjek memiliki kemampuan matematika tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa visualizer pada tahap identified of problem, siswa mengenali serta mengidentifikasi beberapa informasi yang ada pada soal cenderung lebih cepat dibandingkan siswa verbalizer. Pada tahap strategic, siswa visualizer menggunakan informasi gambar untuk menemukan alternatif penyelesaian. Sementara siswa verbalizer meggunakan rumus yang pernah diperoleh sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa baik siswa visualizer maupun siswa verbalizer sudah menunjukkan indikasi berpikir refraktif. Pada tahap evaluation, siswa visualizer dan verbalizer menjelaskan cara yang digunakan berdasarkan argumen-argumen yang logis dan tepat namun dengan cara yang berbeda.
Refractive thinking is a person's mental activity in making a decision in solving a problem which is through reflective and critical thinking. Differences in cognitive style in a person affects the differences in refractive thought processes. This is expected to be a liaison for educators to train students by providing varied problems both using pictures and words. This qualitative research aims to describe the stages of refractive thinking of visualizer students and junior verbalizers in solving geometry problems. The method of collecting data through written tests and interviews. Written tests were given to 57 students of 8th grade students of state junior high schools in Jombang. The research subjects consisted of one student with cognitive style visualizer and one student with verbalizer cognitive style with each subject having high mathematical ability. The results showed that at the identified of problem stage, visualizer students recognized and identified some of the information contained in the problems tended to be faster than verbalizer students. At the strategic stage, visualizer students used image information to found alternative solutions, while verbalizer students used formulas that have been obtained before. This showed that both the visualizer student and the verbalizer student have shown indications of refractive thinking. At the evaluation stage, the student visualizer and verbalizer explained the method used based on logical and appropriate arguments but in the different way.