Penggunaan Umpan Balik Tertulis
The Use of Written Peer Feedback
Belakangan ini banyak penelitian yang dilakukan terkait umpan balik. Sebagian besar hasil penelitian menemukan bahwa umpan balik antar teman sejawat memiliki banyak manfaat bagi siswa atau bahkan guru. Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan oleh Herdhono pada tahun 2015 dan Trisnawati pada tahun 2009 menemukan bahwa umpan balik antar teman sejawat dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ini merupakan cara yang efektif untuk mengurangi kesalahan dan kekeliruan siswa karena hal tersebut dapat membantu siswa mengingat kesalahan dan kekeliruannya serta untuk mengingatkan kebenarannya karena teman sebayanya yang memberikan koreksi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi manfaat dari umpan balik tertulis, penting untuk meninjau kembali teknik umpan balik sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Jika teknik umpan balik baik untuk siswa dalam proses pembelajaran, apakah sebagian besar guru menggunakannya untuk siswa?
Penelitian ini menggunakan penelitian survei sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah 151 siswa kelas tiga dan lima guru SMA Negeri 15 Surabaya. Peneliti menggunakan validitas isi yang artinya setiap pertanyaan pada kuisioner merepresentasikan setiap elemen yang berhubungan dengan pertanyaan penelitian. Kunjungan lapangan telah dilakukan untuk menghindari manipulasi data. Setelah mendapatkan data, peneliti menganalisa data tersebut dengan mendeskripsikan informasi dari kuesioner.
Temuan telah menunjukkan bahwa keberadaan umpan balik ditemukan berpusat pada guru di mana guru sepenuhnya membimbing siswa untuk menulis umpan balik. Alasan guru memutuskan untuk menggunakan umpan balik tertulis sebenarnya adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat meningkatkan kualitas tulisannya. Para siswa mengklaim bahwa aspek tanda baca dan ejaan adalah hal yang paling mudah untuk diberikan pada umpan balik. Sebaliknya, aspek vocabulary tidak menjadi minat utama mereka dalam memberikan umpan balik secara tertulis. Sehingga guru belum sepenuhnya bisa membiarkan siswanya mengerjakan sendiri.
Kata Kunci: Guru, umpan balik teman sejawat, menulis
Recently, there are many studies conducted about peer-feedback. Most result found that peer-feedback has many benefits for the students or even for the teacher. For example, the study conducted by Herdhono in 2015 and Trisnawati in 2009 found that peer feedback can improve the students writing ability. The results of studies show that it is an effective way to reduce errors and mistakes of the students because it helps students to remember their errors and mistakes and to remember the correct ones since their peers provide the correction. Therefore, the purpose of this research was to verify the advantages of written peer-feedback, it is important to revisit peer-feedback technique as the way to improve the students’ writing ability. If peer-feedback technique is good for students in the learning process, do most of teachers use it for the students?
This research used survey research as the research design. The subject for this research was the third graders and five teachers of SMA Negeri 15 Surabaya. The researcher used content validity which means every question on the questionnaire represented every single element related to the research question. Site visit had been conducted to avoid data manipulation. After getting the data, the researcher analyzed the data by describing the information from the questionnaire.
The findings have shown that the existence of Peer-Feedback is found to be teacher centered in which the teacher fully guided the students to write Peer-Feedback. The reasons why the teacher decides to use written Peer-Feedback is that actually to the give opportunity for the students opportunity in order to make better the quality of their writing. The students claimed the aspect of punctuation and spelling are the easiest one to give Peer-Feedback on. In otherwise, the aspect of vocabulary did not become their main interest in giving written Peer-Feedback. So that, the teacher was not fully able to let the students do the job by themselves.
Keywords: Teacher, Peer-feedback, Writing