PENGEMBANGAN MEDIA KUIS KATA BERGAMBAR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR
ABSTRACT DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED PICTURE WORD QUIZ MEDIA TO IMPROVE BEGINNING READING ABILITY OF ELEMENTARY SCHOOL 1ST CLASS STUDENTS
Kemampuan membaca merupakan hal yang penting bagi peserta didik. Dengan membaca peserta didik akan mendapatkan ilmu-ilmu yang baru, ide/gagasan yang kreatif dan dapat menemukakakn pendapatnya secara lebih ekspresif. Pembelajaran membaca permulaan untuk kelas I sekolah dasar harus mendapatkan perhatian yang serius. Dalam menyusun perencanaan pembelajaran guru harus berhati-hati dan cermat. Karena membaca permulaan untuk kelas I sekolah dasar merupakan fondasi bagi kelas-kelas berikutnya.
Berdasarkan hasil observasi di SDN Curahmalang 3 diperoleh hasil jika kemampuan membaca peserta didik kelas I sekolah dasar masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dalam satu kelas yang berjumlah 10 peserta didik, sebanyak 1 peserta didik yang kurang lancar membaca dan 1 peserta didik yang tidak dapat membaca. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat dan menarik untuk mendukung peroses pembelajaran di kelas I sekolah dasar. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian pengembangan di SDN Curahmalang 3 yang akan diimplementasikan dalam penelitian berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Kata Bergambar Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar”.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kuis kata bergambar berbasis android yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (research and development) dengan metode pengembangan ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu (analysis, design, developmen, implementation, evaluation).
Hasil kevalidan materi memperoleh persentase 80% termasuk dalam kategori valid dan hasil kevalidan media memperoleh persentase 84% termasuk dalam kategori sangat valid. Tingakt keefektifan media kuis kata bergambar berbasis android memperoleh nilai 0,70 dari perhitungan N-Gain melalui uji coba produk secara terbatas menujukkan peningkatan terhadap hasil belajar yang tinggi sebelum dan sesudah menggunakan media kuis kata bergambar berbasis android. Tingkat kepraktisan media kuis kata bergambar berbasis android melalui angket respon peserta didik memperoleh persentase 97% dalam kategori sangat praktis dan hasil observasi yang dilakukan oleh guru wali kelas I memperoleh persentase 90,3% termasuk dalam kategori sangat praktis.
Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa media kuis kata bergambar berbasis android dinyatakan valid, efektif dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia materi membaca permulaan di kelas I sekolah dasar.
Kata Kunci : pengembangan, media kuis kata bergambar, android, membaca permulaan, budaya lokal.
Reading ability is important for students. By reading students will gain new knowledge, creative ideas/ideas and be able to express their opinions more expressively. Early reading learning for grade I elementary school must get serious attention. In preparing the teacher's lesson plan must be careful and careful. Because early reading for grade I elementary school is the foundation for subsequent classes.
Based on the results of observations at SDN Curahmalang 3, it was found that the reading ability of first grade elementary school students was still low. This can be proven in one class of 10 students, as many as 1 student who is not fluent in reading and 1 student who cannot read. So that appropriate and interesting learning media are needed to support the learning process in grade I elementary schools. Thus it is necessary to conduct development research at SDN Curahmalang 3 which will be implemented in a study entitled "Development of Android-Based Pictorial Word Quiz Learning Media to Improve Beginning Reading Ability of Class I Elementary School Students".
This study aims to produce a valid, practical and effective Android-based pictorial word quiz learning media to improve the beginning reading skills of first grade elementary school students. This research uses a type of development research or R&D(research and development) with the ADDIE development method which has five stages namely(analysis, design, developmen, implementation, evaluation).
The results of the validity of the material obtained a percentage of 80% included in the valid category and the results of the validity of the media obtained a percentage of 84% included in the very valid category. The level of effectiveness of the Android-based picture word quiz media obtained a value of 0.70 from the N-Gain calculation through limited product trials showing an increase in high learning outcomes before and after using the Android-based picture word quiz media. The practicality level of the android-based pictorial word quiz media through the student response questionnaire obtained a percentage of 97% in the very practical category and the results of observations made by the homeroom teacher of grade I obtained a percentage of 90.3% included in the very practical category.
It can be concluded from the results of the study that the Android-based pictorial word quiz media is declared valid, effective and practical for use in learning Indonesian for beginning reading material in grade I of elementary school.
Keywords: development, pictorial word quiz media, android, early reading, local culture.