PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENCEGAHAN BULLYING DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION
Nama : Alivia Pratiwi Mujiono
NIM : 14010014016
Program Studi : S-1
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Eko Darminto, M.Si.
Penelitian menggunakan model penelitian evaluasi formatif oleh M.Atwi Suparman. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menyusun sebuah buku panduan sebagai media cetak yang memenuhi kriteria evaluasi dalam penyusunan buku hingga tahap ke tiga. Tahapan yang dilakukan yaitu evaluasi satu-satu ahli, evaluasi satu-satu oleh peserta didik, dan evaluasi kelompok kecil. Hasil yang di peroleh dari penelitian menunjukan bahwa evaluasi satu-satu oleh ahli, diantaranya oleh satu ahli materi dengan nilai 3,77 dengan kategori “layak digunakan”, sementara untu satu ahli media dengan nilai 3,18 dengan kategori “layak digunakan”, dan penilaian satu ahli bahasa dengan nilai 3,77 dengan kategori “layak digunakan”. Evaluasi satu-satu oleh peserta didik atau disebut uji klinis menunjukan adanya perubahan kata agar peserta didik paham dalam mempelajari buku panduan. Evaluasi kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 peserta didik kelas VIII dengan nilai 3,62 dan 1 konselor dengan nilai 3, 36. Hasil dari pengembangan buku panduan ini telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar meliputi kelayakan konseptual isi, kelayakan media, kelayakan bahasa, dan kelayakan kepraktisan dengan rata-rata hasil layak untuk digunakan untuk pengguna.
Kata kunci : Pengembangan, Buku Panduan, Bullying, Self Instruction, Pencegahan
THE DEVELOPMENT OF A BULLYING PREVENTION HANDBOOK WITH SELF- INSTRUCTION TECHNIQUE
Name : Alivia Pratiwi Mujiono
Registration Number : 14010014016
Programm of Study : S-1
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Faculty of Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Eko Darminto, M.Si.
The study uses a formative evaluation research model by M.Atwi Suparman. The purpose of this development research is to compile a guidebook as a print media that meets the evaluation criteria in the preparation of the book up to the third stage. The steps taken are one-on-one expert evaluation, one-on-one evaluation by students, and small group evaluation. The results obtained from the study showed that one-on-one evaluations by experts, including by one material expert with a value of 3.77 with the category "feasible to use", while for one media expert with a value of 3.18 with the category "feasible to use", and assessment of one linguist with a value of 3.77 with the category "feasible to use". One-on-one evaluations by students or called clinical trials show changes in words so that students understand in studying the manual. Small group evaluations were carried out by 10 grade VIII students with a value of 3.62 and 1 counselor with a value of 3, 36. The results of the development of this manual have met the eligibility criteria for teaching materials including the conceptual feasibility of content, media eligibility, language feasibility, and eligibility practicality with average results is feasible to use for users.
Keyword : Development, Handbook, Bullying, Self Instruction, Preventing