Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pembinaan, kendala serta usaha yang dilakukan sekolah dalam implementasi ekstrakurikuler dalam perspektif interest grouping untuk meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di SMAN 6 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kondensasi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Implementasi ekstrakurikuler di SMAN 6 Surabaya merupakan kegiatan diluar jam pelajaran kurikuler yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu. Perencanaan Kegiatan esktrakurikuler ini merupakan inisiatif dari peserta didik sendiri yang berkerja sama dengan OSIS untuk mengadakan suatu kegiatan minat dan bakat yang mereka minati. Pembinaan dilakukan oleh guru Pembina dan melatih untuk membina siswa agar tidak hanya memiliki kemampuan akademik tetapi juga non akademik. Adapun kendala yang sering terjadi adalah kekurangan sarana dan prasarana karena wilayah sekolah yang sempit, pengaturan jadwal karena terdapat peserta didik yang mengikuti lebih dari satu ekstrakurikuler. Sekolah sendiri memiliki upaya untuk mempertahankan eksistensi kegiatan ekstrakurikuler yaitu dengan cara meraih prestasi pada setiap lomba yang diikuti dan memberikan penghargaan kepada setiap ekstrakurikuler yang berprestasi.
Kata Kunci :Implementasi, Ekatrakurikuler.