Pengembangan Media Kartu Huruf Hijaiah Berbasis Pembelajaran Digital untuk Anak Tunarungu
Development of Digital-Based Learning Hijaiah Letter Flashcard Media for Deaf Children
Pendidikan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam perkembangan anak, termasuk anak tunarungu. Dalam hal ini, media pembelajaran memiliki peran yang signifikan dalam membantu proses pembelajaran anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui kevalidan media pembelajaran kartu huruf hijaiah berbasis digital untuk anak tunarungu di SLB Negeri Balikpapan. 2. Mengetahui kepraktisan media pembelajaran kartu huruf hijaiah berbasis digital untuk anak tunarungu di SLB Negeri Balikpapan. 3. Mengetahui keefektifan media pembelajaran kartu huruf hijaiah berbasis digital untuk anak tunarungu di SLB Negeri Balikpapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Develeopment (R&D). Model pengembangan yang digunakan ADDIE untuk menjadi pedoman dalam pengembangan perangkat. 1) Hasil presentase nilai validasi oleh ahli materi adalah 94% berada pada kualifikasi valid, yang berarti sangat baik untuk digunakan dan tidak perlu direvisi; 2) Hasil presentase nilai validasi oleh ahli media adalah 100% berada pada kualifikasi valid, yang berarti sangat baik untuk digunakan dan tidak perlu direvisi.; 3) Dalam uji coba terhadap 10 siswa tunarungu kelas X, diperoleh nilai pretest memiliki rata-rata (mean) sebesar 28,00 dan nilai posttest memiliki rata rata 73,00 yang berarti terdapat peningkatan nilai. Pada rata-rata n_gain persen posttest sebesar 70.63 berada pada kisaran 55 - 75 sehingga dapat disimpulkan penggunaan kartu huruf hijaiah berbasis digital berada pada kategori cukup efektif. Nilai keseluruhan yang didapatkan dari hasil kuesioner uji coba produk kartu huruf hijaiah berbasis digital untuk anak tunarungu adalah 4,516 dan dalam masuk dalam kategori “sangat baik”.
Kata Kunci : Kartu huruf hijaiah, Pembelajaran berbasis digital, Anak tunarungu
Education is something that is very important in the development of children, including deaf children. In this case, learning media has a significant role in helping the learning process of deaf children. This research aims to 1. Find out the validity of digital-based hijaiah letter card learning media for deaf children at the Balikpapan State Special School. 2. Find out the practicality of digital-based hijaiah letter card learning media for deaf children at the Balikpapan State Special School. 3. To find out the effectiveness of digital-based hijaiah letter card learning media for deaf children at the Balikpapan State Special School. The research method used in this research is the development method or Research and Development (R&D). The development model used by ADDIE is to guide device development. 1) The results of the percentage of validation scores by material experts are 94% in valid qualifications, which means it is very good to use and does not need to be revised; 2) The results of the percentage of validation scores by media experts are 100% valid qualifications, which means they are very good for use and do not need to be revised; 3) In trials with 10 deaf students in class The average n_gain percent posttest is 70.63, which is in the range of 55 - 75, so it can be concluded that the use of digital-based hijaiah letter cards is in the quite effective category. The overall score obtained from the results of the digital-based hijaiah letter card product trial questionnaire for deaf children was 4.516 and was included in the "very good" category.
Keywords: Hijaiyah letter cards, digital-based learning, deaf children