Perangkat pembelajaran dan media yang
digunakan di SMK Negeri 3 Surabaya kurang efektif hal tersebut ditandai dengan
banyak siswa yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM),
sehingga agar siswa mencapai KKM guru harus melakukan remidi. Berdasarkan latar
belakang masalah tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran dengan
menggunakan Learning Cycle 7E
berbantu media. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran yang layak sebagai berikut: (1) Menghasilkan perangkat
pembelajaran yang valid menggunakan model Learning
Cycle 7E berbantu media, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
praktis menggunakan model Learning Cycle
7E berbantu media ditinjau dari respon siswa dan keterlaksanaan
pembelajaran, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang efektif menggunakan
model Learning Cycle 7E berbantu mediaditinjau
dari hasil belajar siswa. Pengembangan
produk pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluate ). Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study .. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) hasil validasi
silabus diperoleh rating sebesar 90,6%, hasil validasi RPP diperoleh rating
sebesar 83,3%, hasil validasi modul diperoleh rating sebesar 82,3%, hasil
validasi LP diperoleh rating sebesar 88,5%, hasil validasi Trainer diperoleh rating
sebesar 88,9% dan hasil validasi Jobsheet diperoleh ratig sebesar 85,1%. (2)
hasil kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari respon siswa
memperoleh rating sebesar 88,4% dan dari keterlaksaan pembelajaran memperoleh rating
sebesar 94%. (3) hasil belajar peserta didik dari uji coba produk pada hasil
belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,69.
Berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model Learning Cycle 7E berbantu media ini
layak untuk digunakan peserta didik saat proses pembelajaran pada mata
pelajaran penerapan rangkaian elektronika
Kata kunci : Perangkat, Trainer, validitas,
praktis, efektif