Pengembangan Media V-MAU Berbasis RME dalam Konsep Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang
Development of RME-Based V-MAU Media in the Concept of Multiplication as Repeated Addition
Pembelajaran matematika memiliki konsep atau materi yang saling berkaitan satu sama lain, sehingga pemahaman terhadap konsep dasar sangat penting. Pengembangan media pembelajaran diperlukan untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media “V-MAU” berbasis RME dalam konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di SD, dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan media “V-MAU” berbasis RME dalam konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di SD. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah model ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran V-MAU dengan isi materi menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan teori gunung es atau iceberg yang memiliki empat tingkatan aktivitas, yaitu situasional, referensial (model of), general (model for), dan formal. Kemudian, uji coba media yang telah dilakukan kepada siswa menunjukkan bahwa media “V-MAU” berbasis RME sangat valid dengan nilai 95% dari validator ahli media dan 90% dari validator ahli materi, dan sangat layak dengan nilai 95,8% dari pengisian lembar angket respon pengguna oleh siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media “V-MAU” berbasis RME sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang di kelas III SD.
Learning mathematics has concepts or materials that are related to each other, so understanding the basic concepts is very important. The development of learning media is needed to support the achievement of learning objectives. The objectives of this development research are as follows: (1) To describe the process of developing RME-based "V-MAU" media in the concept of multiplication as repeated addition in elementary school, and (2) To determine the feasibility level of RME-based "V-MAU" media in the concept of multiplication as repeated addition in SD. The model used in this development research is the ADDIE model with five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this development research are in the form of V-MAU learning media with material content using the RME (Realistic Mathematics Education) approach with the iceberg theory which has four levels of activity, namely situational, referential (model of), general (model for), and formal. Then, media trials that have been conducted on students show that the RME-based “V-MAU” media is very valid with a value of 95% from a media expert and 96.67% from a material expert, and very feasible with a value of 95.8% from filling out the user response questionnaire by students. So it can be concluded that the RME-based "V-MAU" media is very valid and feasible to use in learning mathematics the concept of multiplication as repeated addition in grade III SD.
Keywords: Development, Audio-Visual Learning Media, RME-based “V-MAU”, Multiplication