ABSTRAK
Wulandari, Dyah. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta
Didik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis
dan Keterampilan Sosial Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi
Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1)
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd, dan (2) Dr. Rr. Nanik Setyowati, M.Si.
Kata-kata
kunci : LKPD, Project Based Learning , Berpikir Kritis,
Keterampilan Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKPD
berbasis Project Based Learning yang layak untuk meningkatkan berpikir kritis dan
keterampilan sosial bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar (2) menghasilkan LKPD
berbasis Project Based Learning yang efektif untuk meningkatkan berpikir
kritis bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar (3) menghasilkan LKPD berbasis Project
Based Learning yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar. (4) menghasilkan LKPD berbasis Project Based
Learning yang praktis untuk meningkatkan berpikir kritis dan keterampilan
sosial bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian pengembangan media
pembelajaran ini mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas IV SD Negeri Mojo dengan jumlah 16 peserta didik. Desain penelitian
menggunakan one group pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahwa
perangkat pembelajaran berupa silabus memperoleh hasil validasi sebesar 86,6%
dan RPP memperoleh hasil validasi sebesar 94%. Hasil validasi instrumen soal
pre-posttes sebesar 91,6%. Sedangkan hasil validasi LKPD dari ahli media
sebesar 90%. Berdasarkan penghitungan skala Likert hasil validasi tersebut masuk
kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Keterampilan
Sosial Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar sangat layak untuk digunakan.
(2) Terdapat peningkatan sedang pada
pemerolehan nilai pretest dan posttest , secara klasikal
ketuntasan hanya 12,5% dengan rata-rata pretes sebesar 52,81. Hasil nilai
posttes secara klasikal ketuntasan mencapai 87,5% dengan rerata nilai posttes
sebesar 80,94. Berdasarkan penghitungan N-Gain skor terdapat peningkatan
sebesar 0,60 dan termasuk dalam kritteria peningkatan sedang. (3) Observasi
keterampilan komunikasi siswa diperoleh hasil 86,6%, berpartisipasi 91,8%, dan
berbagi sebesar 94,4%. Secara klasikal diperoleh rerata sebesar 92,18, dengan
kriteria sangat aktif. (4) Hasil penilaian guru terhadap LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Keterampilan
Sosial Bagi Siswa Kelas IV memperoleh nilai 92,18 % dan hasil rerata angket
respon peserta didik sebesar 96,5%. Dari hasil tersebut menurut penghitungan
skala Likert yang dikonversikan kedalam persentase masuk dalam kriteria sangat
baik yang berarti sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terhadap LKPD
Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Keterampilan
Sosial Bagi Siswa Kelas IV sangat praktis untuk digunakan sebagai media
pembelajaran.