Analysis of Factors Influencing Continuance Intention in the Use of Subscription Video on Demand Services Using UTAUT2 and ECM Method
Layanan Subscription Video on Demand (SVoD) memudahkan pengguna untuk mengakses konten premium eksklusif dengan mudah hanya dengan cara membayar biaya langganan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi intensi berkelanjutan pengguna dalam penggunaan aplikasi SVoD dengan menggunakan gabungan metode Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT2) dan Expectation Confirmation Model (ECM). Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan SmartPLS 3. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah variabel yang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap intensi penggunaan SVoD dari yang paling dominan adalah satisfaction, habit, facilitating condition, dan performance expectancy. Sedangkan hubungan antar variabel yang memiliki pengaruh negatif dan/atau tidak signifikan terhadap variabel intensi berkelanjutan adalah effort expectancy, hedonic motivation, price value, dan social influence.
Subscription Video on Demand (SVoD) services make it easy for users to access exclusive premium content by simply paying a subscription fee. This research aims to identify the factors that influence users' sustained intention in using SVoD applications by combining the Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT2) and Expectation Confirmation Model (ECM) methods. This study employs a quantitative method, with data collection conducted through the distribution of questionnaires. The collected data is processed using SmartPLS 3. The results of this research indicate that the variables that positively and significantly influence the intention to use SVoD are, in order of dominance, satisfaction, habit, facilitating conditions, and performance expectancy. On the other hand, the relationships between variables that have a negative or non-significant influence on sustained intention are effort expectancy, hedonic motivation, price value, and social influence