Penalaranmerupakanketerampilan berpikir tingkat tinggi(Higher Order Thinking Skills). Proses kognitif yang termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah evaluasi. Mengevaluasi berkaitan dengan ranah pengetahuan dan penalaran berkaitan dengan ranah keterampilan. Salah satu submateri yang berhubungan dengan ranah pengetahuan dan keterampilan adalah menggambar grafik fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal level proses kognitif evaluasi pada submateri menggambar grafik fungsi. Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa yang benar menggambar grafik fungsi dan 2 siswa yang salah menggambar grafik fungsi. Data dianalisis berdasarkan aktivitas penalaran yang muncul pada saat menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan:(1) siswa yang benar menggambar grafik fungsi:mengumpulkan informasi yang tertulis dan tidak tertulis pada soal, menilai dan memilih informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal, mengidentifikasi jenis fungsi untuk menduga bentuk grafik fungsi, memberikan alasan logis terkait dugaan yang dibuat, menyusun strategi menggambar grafik fungsi untuk membuktikan dugaan yang telah dibuat, memeriksa ketepatan perhitungan langkah menggambar grafik fungsi untuk memastikan jika kesimpulan yang akan dihasilkan benar/valid, membuat kesimpulan dengan mengaitkan antara dugaan dengan bukti yang diperoleh,memvalidasi kesimpulan dengan cara menguji kesimpulan tersebut dengan soal lain yang sejenis, apakah kesimpulan yang dibuat juga berlaku untuk soal tersebut. Memilih satu cara yang efektif dan efisien dari dua penyelesaian menggambar grafik fungsi dengan membandingkan ketepatan dan kecepatan penyelesaiannya.(2) Siswa yang salah menggambar grafik fungsi:mengumpulkan informasi tertulis pada soal, namun tidak menyebutkan informasi yang tidak tertulis. Menilai dan memilih informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal, mengidentifikasijenis fungsi untuk menduga bentuk grafik fungsinya, memberikan alasan logis dari dugaan yang dibuat, menyusun strategi menggambar grafik fungsi untuk membuktikan dugaan yang dibuat benar, memeriksa ketepatan perhitungan dalam menggambar grafik fungsi untuk memastikan jika kesimpulan yang akan dihasilkan benar/valid. Pada saat memeriksa ketepatan langkah-langkah menggambar grafik fungsi, siswa menemukan kesalahan dalam perhitungan dan letak titik koordinat pada bidang kartesius, menurut siswa yang salah dalam menggambar grafik fungsi, kesalahan tersebut tidak berpengaruh pada hasil grafik fungsi.Membuat kesimpulan dengan mengaitkan antara dugaan dengan bukti yang diperoleh,Pada saat membuat kesimpulan siswa menganggap benar bukti yang ia peroleh sehingga kesimpulan yang dibuat kurang tepat.Memvalidasi kesimpulan dengan cara menguji kesimpulan dengan soal lain yang sejenis, apakah kesimpulan yang dibuat berlaku untuk soal tersebut, dan memilih satu cara yang efektif dan efisien dari dua penyelesaian dengan membandingkan kedua penyelesaian tersebut.
Kata kunci : Penalaran, Kognitif, Evaluasi, Grafik, Fungsi
Reasoning is a Higher Order Thinking Skills (HOTS). Cognitive processes that are included in higher order thinking skills is evaluation.Evaluating is related to knowledge and reasoning related to skills. One of the submissions related to knowledge and skills is the drawing graph functions. This Research is a qualitative descriptive research that aim to describe the students’ reasoning in solving the question of evaluation cognitive process level on drawing graph functions. The methods of data collections are test and interview. The subjects of this study are two students who did the drawing graph functions correctly and two students who did the drawing graph functions incorrectly. The data were analyzed based on reasoning activities that appeared when solving the question. The results showed that : (1)Students who are drawing graph functions correctly, collectingwritten and unwritten information, assessing and selecting the information needed to resolve the problem, identifying the type of function for assuming the shape of graph functions, giving a logical reason, constructing a strategy to graph the functions to prove the conjecture that have been made, checking the accuracy of the calculation every step of graphing function to be sure if the resulting conclusion is correct/valid, making a conclusion between conjecture and evidence obtained, validating the conclusion by way of conclusion the test with another question similar, whether the conclusions made also applies to the question. Choose one of the ways that effective and efficient completion of the two by comparing its speed accuracy and resolution.(2)Students who are drawing the graph functions incorrectly, collecting information written on the matter, but did not mention the unwritten information. Assessing and selecting the information needed to resolve the problem, identifying the type of function for assuming the shape a graph function, giving a logical reason to prove the conjecture that have been made, constructing a strategy to graph the functions to prove the conjecture that were made are correct, checking the accuracy of the calculation every step of graphing functions to be sure if the resulting conclusion is correct/valid. At the time of checking the accuracy of steps to graph the functions, the students found a mistake in his calculation and put the points on the cartesian coordinates, he identifies an error had no effect on the outcome of the graph functions. Make a conclusion between conjecture and evidence obtained when making conclusions, students consider the evidence that they have obtained so that the conclusions made are incorrect. Validate the conclusions in a way to test conclusions with other similar problem, whether the conclusions made applies to the question, and select one of the ways that effective and efficient completion of the two by comparing both the completion.
Keywords: Reasoning, Cognitive, Evaluation, Graphs, Functions