PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU JODOH) PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN JATIGREGES II
DEVELOPMENT OF AN KADO (KARTU JODOH) MEDIA ON FORCE MATERIAL IN FOURTH-GRADERS SDN JATIGREGES II
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN Jatigreges II Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Dapat diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran masih siswa yang mengalami kendala saat guru memberikan informasi hal tersebut dikarenakan media dan metode yang digunakan oleh guru kurang sesuai. Maka diperlukan media sebagai alat untuk menyampaikan informasi serta mengajak aktif siswa ketika menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media KADO (Kartu Jodoh) pada materi gaya yang layak sesuai dengan kevalidan dan kepraktisan media. Sehingga dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau sering disebut dengan istilah lain yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE oleh Branch. Penelitian ini terdiri atas 5 tahapan yaitu, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), and evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu lembar validasi dan angket. Untuk penghitungan hasil dari instrumen tersebut menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Kevaidan media diketahui dari validasi media yang memperoleh persentase 80% dengan kriteria valid, dan validasi materi 88% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan diketahui xiii dari hasil respons siswa memperoleh persentase sebesar 86,9% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil respons guru sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis pada produk. Sehingga, media KADO (Kartu Jodoh) pada materi gaya layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan media, KADO (Kartu Jodoh), Kartu, gaya.
Based on observations made at SDN Jatigreges II Pace Subdistrict Nganjuk District. It can be seen that in learning activities there are students still who experience obstacles when the teacher provides information because the media and methods used by the teacher are not appropriate. Then the media is needed as a tool to give information and actively invite students when using media. The purpose of this study is to develop KADO media (Kartu Jodoh) on material style that is appropriate to the validity and practicality of the media. So it can make students more easily understand the material. This research belongs to the type of development research or often referred to by other terms namely Research and Development (R&D) using the ADDIE model by Branch. This research consists of 5 stages namely, analysis (analysis), design (design), development (development), implementation (application), and evaluation (evaluation). There are two data collection instruments used in this study, namely the validation sheet and questionnaire. To calculate the results of these instruments using descriptive statistical analysis techniques in the form of percentages. Media prevalence is known from media validation which obtained 80% percentage with valid criteria, and 88% material validation with very valid criteria. Practicality is known from the results of student responses obtained a percentage of 86.9% with very practical criteria, and the results of teacher responses by 88% with very practical criteria on the product. Thus, KADO media (Kartu Jodoh) on style material is suitable for use. xi Key Word : media development, KADO (Kartu Jodoh), Card, force.