Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan dessiminate namun tahap dessiminate tidak dilakukan. Sasaran ujicoba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas X SMA di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Parameter yang diukur dalam penelitian ini berupa validitas, keterlaksanaan dan keefektifan. Hasil validitas yang dilakukan oleh tiga validator memperoleh rata-rata sebesar 3,95 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD berdasarkan observasi aktivitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 97% untuk LKPD 1 dan 99% untuk LKPD 2, keduanya tergolong dalam kategori sangat praktis. Keefektifan yang dilihat dari hasil belajar peserta didik sebesar 93,4% dengan N-Gain kategori tinggi 0,77, keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai 95%, dan respon peserta didik mencapai 97,2% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Learning Cycle 7E pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA adalah valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci : LKPD, Learning Cycle 7E, pencemaran lingkungan, berpikir kritis
The aims of study are to produce student’s worksheet based on Learning Cycle 7E on sub materials of environmental pollution to train 10th grade students critical thingking skills which valid, practical, and effective. This research uses 4-D Models development method by define, design, and develop but without disseminate. This type of research is the development using a 4-D model that is define, design, develop and disseminate, but disseminate stage was not done. The trial target was limited to 20 students at SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. The parameters considered in this study are validity, implementation and effectiveness. The results of the validity carried out by three validators obtained an average of 3.95 with the category very valid category. Practicality of LKPD based on observations of students' activities get results of 97% for LKPD 1 and 99% for LKPD 2, both of which fall into the with a very practical category. The effectiveness seen from student learning outcomes is 93.4% with N-Gain high category 0.77, students critical thinking skills reach 95%, and student responses reach 97.2% with very effective categories. The conclusion from those results is student’s worksheet based on Learning Cycle 7E on sub materials of environmental pollution to train 10th grade students critical thingking skills which valid, practical, and effective.
Keywords: Student worksheet, Learning Cycle 7E, environmental pollution, critical thinking skills