KAJIAN LITERATUR: PENGARUH PENERAPAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK TATA BOGA
LITERATURE REVIEW: EFFECT OF COMIC APPLICATION ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN VOCATINAL CULINARY SCHOOL
Kualitas pendidikan ditentukan oleh keprofesionalan pendidik dalam menggunakan alat bantu berupa penggunaan sumber belajar yang variatif, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Namun pada kenyataannya pengembangan sumber belajar di SMK tata boga kurang diperhatikan, sehingga hasil belajar peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Komik sebagai sumber belajar yang menggunakan media visual untuk mendukung pemahaman konsep peserta didik dalam menerima materi pembelajaran, karena komik menampilkan materi pembelajaran secara kreatif sehingga mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kajian konsep komik; 2) kajian hasil belajar menggunakan komik; 3) kajian keefektifan komik terhadap hasil belajar di strata pendidikan menengah yang dianalisis menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dengan menelaah jurnal hasil penelitian yang relevan untuk memperoleh sebuah data. Berdasarkan hasil analisis dari 10 penelitian yang relevan di SMK Tata Boga, yaitu (a) Konsep dalam komik berupa penggambaran karakter yang menarik, pengungkapan ekspresi tokoh karakter yang menghibur, dan dialog yang mudah dipahami peserta didik; (b) Hasil post-test dan jenjang kognitif C1, C2, dan C3 pada kelas eksperimen menunjukkan kenaikan nilai rata-rata yang signifikan; (c) Penggunaan komik efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dari peningkatan nilai peserta didik.
Kata Kunci : Konsep komik, Hasil belajar, Penerapan komik, Tata boga.
The quality of education is determined by the professionality of educators in using tools in the form of the use of varied learning resources, thus creating a pleasant learning environment. But in fact the development of learning resources in vocational schools is less considered, so that the learning outcomes of learners have not met the minimum completion criteria. Comics as a learning resource that uses visual media to support the understanding of learners' concepts in receiving learning materials, because comics display learning materials creatively so as to make it easier for learners to understand learning materials. This research aims to: 1) know the study of comic concepts; 2) study of learning outcomes using comics; 3) The study of the effectiveness of comics on learning outcomes in SMK Tata Boga is analyzed using literature study research methods by reviewing relevant research results journals to obtain a data. Based on the results of the analysis from 10 relevant research in SMK Tata Boga, namely (a) Concepts in comics in the form of interesting character depictions, disclosure of expressions of entertaining character characters, and dialogue that is easily understood by learners; (b) Post-test results and cognitive levels C1, C2, and C3 in the experimental class showed a significant increase in average grades; (c) The effective use of comics to improve learning outcomes indicated by the increase in the value of learners.
Keywords : Comic concept, Learning outcomes, Application of comics, Culinary Art.