Pengembangan Aplikasi (GSM) Berbasis Android Dalam Pemahaman Masase Olahraga Dan Pencegahan Cedera Bagi Guru PJOK
Android Based Application Development (GSM) in Understanding Sports Massage and Injury Prevention for PJOK Teachers
Abstrak
Moh Wahyu Ardiansyah. 2022. Pengembangan Aplikasi (GSM) Berbasis Android Dalam Pemahaman Masase Olahraga dan Pencegahan Cedera Bagi Guru PJOK. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. dr. Endang Sri Wajuni, M.Kes. dan (II) Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.
Kata kunci : Android, Masase Olahraga, Penanganan Cedera
Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis model aplikasi (GSM) berbasis android dalam pemahaman masase olahraga dan pencegahan cedera bagi guru PJOK. 2) Menganalisis kelayakan aplikasi (GSM) berbasis android dalam pemahaman masase olahraga dan pencegahan cedera bagi guru PJOK.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model yang dikembangkan Borg and Gall melalui tahapan: (1) Menganalisis potensi dan masalah, (2) Studi literatur dan pengumpulan informasi, (3) Desain produk awal, (4) Pembuatan produk awal, (5) Revisi desain awal, (6) Pembuatan produk uji coba, (7) Uji coba terbatas, (8) Revisi produk uji coba terbatas, (9) Uji coba pemakaian kelompok besar, (10) Revisi produk kelompok besar. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan guru PJOK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi produk dan angket kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.
Hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi diketahui dari aspek kualitas materi dengan total skor 18 termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan untuk aspek isi dengan total skor 44 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sedangkan untuk penilaian ahli media ditinjau dari aspek tampilan dengan total skor 75 termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan aspek pemrograman dengan total skor 28 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil dari uji coba kelompok kecil meliputi 3 aspek penilaian yang berupa aspek tampilan, aspek isi/materi, aspek kebermanfaatan. Aspek tampilan dengan total skor 20 termasuk kategori “Cukup Baik”, aspek isi/materi dengan total skor 38,6 termasuk kategori “Cukup Baik”, dan aspek kebermanfaatan dengan total skor 15,3 termasuk kategori “Baik”. Hasil uji coba kelompok besar aspek tampilan dengan total skor 24 termasuk kategori “Baik”, aspek isi/materi dengan total skor 49,8 termasuk kategori “Baik”, dan aspek kebermanfaatan mendapatkan skor 17 termasuk kategori “Sangat Baik”.
Kesimpulan dalam penelitian ini ialah aplikasi (GSM) berbasis android dalam pemahaman masase olahraga dan pencegahan cedera layak digunakan bagi guru PJOK. Saran agar aplikasi (GSM) berbasis android dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan dan informasi serta menjadi pedoman untuk penelitian selanjutnya.
ABSTRACK
Moh Wahyu Ardiansyah. 2022. Android-Based Application Development (GSM) in Understanding Sports Massage and Injury Prevention for PJOK Teachers. Thesis, Educational Sport, Postgraduate, Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Dr. dr. Endang Sri Wajuni, M.Kes. dan (II) Dr. Joesoef Roepajadi, M.Pd.
Keywords : Android, Sport Masase, Injury Treatment
This study aims to: 1) Analyze the android-based application model (GSM) in understanding sports massage and injury prevention for PJOK teachers. 2) Analyzing the feasibility of an android-based application (GSM) in understanding sports massage and injury prevention for PJOK teachers.
This development research refers to the model developed by Borg and Gall through the stages: (1) Analyzing potentials and problems, (2) Literature study and information gathering, (3) Initial product design, (4) Initial product creation, (5) Design revision initial, (6) Production of trial products, (7) Limited trials, (8) Revision of limited trial products, (9) Large group use trials, (10) Revision of large groups of products. The subjects of this research are material experts, media experts, and PJOK teachers. Data collection techniques in this study used product validation sheets and questionnaires. The data analysis technique in this study used qualitative data analyzed by descriptive statistics.
The results of the validation carried out by material experts are known from the aspect of material quality with a total score of 18 included in the "Very Good" category and for the content aspect with a total score of 44 included in the "Very Good" category. Meanwhile, the media expert's assessment in terms of the appearance aspect has a 75 total score in the "Very Good" category and the programming aspect with a total score of 28 in the "Very Good" category. The results of the small group trial include three aspects of the assessment in the form of aspects of appearance, aspects of content/material, and aspects of usefulness. The display aspect with a total score of 20 is in the “Good Enough” category, the content/material aspect with a total score of 38.6 is in the “Good enough” category, and the usefulness aspect with a total score of 15.3 is in the “Good” category. The results of the large group trial of the display aspect with a total score of 24, including the "Good" category, the content/material aspect with a total score of 49.8, including the "Good" category, and the usefulness aspect getting a score of 17 including the "Very Good" category.